Tautan-tautan Akses

Kasus COVID Melonjak di Eropa


Seorang anggota staf medis menangani jarum suntik di bagian University Emergency Hospital COVID-19 di Bucharest, Rumania, 8 November 2021. (Foto: AP)
Seorang anggota staf medis menangani jarum suntik di bagian University Emergency Hospital COVID-19 di Bucharest, Rumania, 8 November 2021. (Foto: AP)

Kasus COVID-19 melonjak di negara-negara dengan tingkat vaksinasi yang lebih rendah di Eropa Timur, dan juga negara-negara di Eropa Barat yang memiliki tingkat vaksinasi tertinggi di dunia.

Vaksin mengurangi risiko rawat inap, penularan yang parah, dan kematian. Namun vaksin tidak sepenuhnya mencegah penularan. Demikian dikatakan Direktur WHO, Dokter Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Ia menambahkan, “Kami terus menyarankan tes COVID, pemakaian masker, menjaga jarak fisik, langkah-langkah untuk mencegah kerumunan, meningkatkan ventilasi, dan banyak lagi. Dan dapatkan vaksinasi sesuai giliran Anda. Setiap negara harus secara tetap menilai situasinya dan menyesuaikan pendekatannya dengan tepat. Dengan gabungan langkah-langkah yang tepat, negara-negara bisa mendapatkan keseimbangan antara menjaga penularan tetap rendah dan masyarakat dan bisnis tetap dibuka."

Menurut Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, tidak ada negara yang bisa begitu saja memvaksinasi dan terhindar dari pandemi. Menurutnya, ini bukan hanya tentang berapa banyak orang yang divaksinasi, ini tentang siapa yang divaksinasi.

Ia juga menegaskan bahwa tidak masuk akal untuk memberi vaksinasi penguat kepada orang dewasa yang sehat, atau memvaksinasi anak-anak, ketika petugas kesehatan, orang tua dan kelompok berisiko tinggi lainnya di seluruh dunia masih menunggu vaksinasi pertama mereka.

"Pengecualian, seperti yang kami katakan, adalah individu dengan gangguan kekebalan. Negara-negara dengan cakupan vaksin tertinggi terus menimbun vaksin lebih banyak, sementara negara-negara berpenghasilan rendah terus menunggu. Skandal ini harus dihentikan sekarang." katanya. [ps/ah]

XS
SM
MD
LG