Tautan-tautan Akses

Karya Besar Pelukis Belanda Dicuri untuk Ketiga Kalinya


Suasana di Museum Van Gogh Museum, Nederland, Belanda, 1 Juni 2020, yang dibuka kembali setelah beberapa bulan ditutup karena pandemi Covid-19. (Foto: dok)

Orang yang tidak dikenal telah mencuri lukisan "Two Laughing Boys" karya seniman zaman keemasan Belanda Frans Hals dari sebuah museum di Belanda untuk ketiga kalinya, kata polisi, Kamis (27/8).

Polisi mengatakan lukisan di atas kanvas,karya seniman besar abad ke-17 itu diambil ketika terjadi pencurian di museum Hofje van Mevrouw van Aerden di Leerdam Rabu dini hari.

Lukisan itu, yang menampilkan dua anak laki-laki yang tertawa dengan segelas bir itu, sebelumnya dicuri dari museum yang sama pada tahun 2011 dan 1988, dan berhasil ditemukan kembali, masing-masing enam bulan dan tiga tahun sejak dicuri.

Polisi Belanda dalam sebuah pernyataan mengatakan petugas bergegas menuju museum yang terletak 60 kilometer di selatan Amsterdam setelah alarm berbunyi sekitar pukul 3:30 pagi tetapi mereka tidak berhasil menangkap para tersangka.

"Setelah pengelola museum memberi akses ke gedung itu, ternyata pintu belakang dibuka paksa dan satu lukisan, 'Two Laughing Boys'," dicuri kata pernyataan itu.

Polisi mengatakan mereka sudah memulai "penyelidikan ekstensif" yang melibatkan penyelidik forensik dan pakar pencurian benda seni. Polisi juga mengatakan mereka memeriksa kamera CCTV dan menanyai saksi dan penduduk setempat. [my/ii]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG