Tautan-tautan Akses

Karena Gaji, Pilot Lufthansa akan Gelar Aksi Mogok pada Jumat


Pesawat Lufthansa di Bandara Munich selama pemogokan terkait gaji di Munich, Jerman 27 Juli 2022. (Foto: REUTERS/Michaela Rehle)
Pesawat Lufthansa di Bandara Munich selama pemogokan terkait gaji di Munich, Jerman 27 Juli 2022. (Foto: REUTERS/Michaela Rehle)

Sebuah serikat pekerja yang mewakili pilot-pilot di maskapai penerbangan Jerman Lufthansa mengatakan mereka akan melakukan aksi walk-out Jumat (2/9) setelah tuntutan kenaikan gaji mereka ditolak oleh manajemen.

Serikat pekerja Vereinigung Cockpit menuduh Lufthansa pada hari Kamis (1/9) gagal meningkatkan tawaran mereka sebelumnya, dan membuat para pilot tidak punya pilihan selain mogok untuk menekan tuntutan mereka.

Menurut Lufthansa, perusahaan telah menawarkan kenaikan satu kali sebesar 900 euro ($900) – yang setara dengan peningkatan 5% untuk pilot senior atau peningkatan 18% untuk mereka yang baru memulai profesi itu.

Serikat pekerja itu menyerukan kenaikan 5,5% tahun ini dan peningkatan otomatis di atas inflasi pada tahun 2023.

Selain itu, para pilot juga menuntut program baru liburan yang dibayar, yang menurut maskapai itu akan meningkatkan biaya pengelolaan stafnya sekitar 40%, atau sekitar 900 juta euro selama dua tahun. [ab/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG