Tautan-tautan Akses

Karena Cinta Lingkungan, Sejumlah Warga Sydney Praktikkan Pendekatan 'Off-Grid'


Panel-panel surya terlihat dipasang untuk memenuhi kebutuhan listrik warga di Queensland, Australia (foto: ilustrasi).
Panel-panel surya terlihat dipasang untuk memenuhi kebutuhan listrik warga di Queensland, Australia (foto: ilustrasi).

Di Sydney, Australia, sejumlah orang dan bisnis berusaha hanya mengandalkan air hujan dan matahari untuk kebutuhan air dan listrik mereka. 

Solusi off-grid, begitu mereka menyebutnya. Mereka tidak ingin mengandalkan pemerintah atau perusahaan swasta untuk mendapat akses ke air bersih dan listrik.

Michael Mobbs adalah salah seorang warga Sydney yang mengadopsi solusi itu. "Sekitar 25 tahun yang lalu saya off-grid karena dua alasan. Pertama, karena alasan kekanak-kanakan, saya diberitahu bahwa saya tidak dapat melakukan itu dan seperti anak kecil saya ingin melakukannya. Dan kedua, saya ingin menunjukkan cinta saya pada bumi.”

Mobbs adalah pakar konstruksi rumah berkelanjutan. Rumahnya di Sydney hanya mengandalkan panel surya dan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari.

Air hujan dikumpulkan dari atap melalui talang tertutup untuk mencegah daun dan kotoran burung bercampur dengan air. Air hujan yang terkumpul kemudian dialirkan melalui saringan hingga berakhir di tangki berkapasitas 8.500 liter yang terkubur di bawah dek.

Mobbs juga memanfaatkan kembali air kotor yang berasal dari rumahnya. Untuk itu, ia memasang empat tangki yang juga terkubur d bawah tanah. Sebuah aerator memompa udara ke dalam tangki-tangki itu untuk menopang kehidupan mikroorganisma yang membersihkan air dengan memakan limbah yang dikandungnya. Saat dibutuhkan, air dipompa keluar dari salah satu tangki itu dengan melewati saringan pasir, dan disterilkan dengan lampu ultraviolet untuk membunuh virus dan patogen.

Sebagian besar air di rumah Mobbs tidak digunakan untuk kebutuhan minum dan makan, melainkan untuk menyiram toilet, mencuci pakaian, mandi, dan menyiram taman. Namun, Mobss mengaku ia bisa meminum air itu langsung dari kran, dan tidak mengalami gangguan kesehatan.

Menurutnya, ia menghemat 90.000 liter air per tahun, atau sekitar 3 juta liter selama 25 tahun ia mempraktikkan pendekatan off-grid.

Pada 1996, Mobbs juga tercatat sebagai salah satu yang pertama di Sydney yang memasang 18 panel surya di atap rumahnya. Ia kemudian menambahkan 12 panel tambahan sehingga kapasitas daya totalnya menjadi 3,5kW. Pada 2015, Mobbs mengambil langkah lebih ekstrem dengan memutuskan sama sekali rumahnya dari jaringan listrik swasta.

Pendekatan off-grid juga dilakukan pengusaha Debra Gray. Ia memasang tangki air hujan dan panel surya di rumahnya yang terletak di atas kafe yang ia dirikan, yang sekarang dijalankan oleh putrinya.

"Air adalah sumber daya yang sangat berharga. Mengapa menyia-nyiakannya? Saya juga bisa menghemat pengeluaran listrik. Biasanya sebulan sekitar 1.200 dolar Australia (setara dengan 880 dolar AS, red), kini hanya 700 dolar.”

Gray tidak melangkah sejauh Mobbs karena ia tidak memiliki cukup ruang untuk memasang tangki tambahan dan banyak panel surya. Pendekatan off-grid hanya dipraktikkan untuk kafenya. Untuk memenuhi kebutuhan rumahnya, ia masih mengakses jaringan air dan listrik yang tersedia di Sydney. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG