Tautan-tautan Akses

Kapal yang Memuat 93 Migran Suriah Tiba di Pulau Siprus


Seorang pria Suriah yang tinggal di Siprus, bertemu dengan kerabatnya yang tiba di kamp pengungsi di Kokkinotrimithia, di luar ibukota Nicosia, Siprus (4/2).

Sebuah kapal yang membawa 93 migran yang diyakini warga Suriah, termasuk 42 anak-anak dan 17 wanita, mendarat di pantai timur-laut Siprus, kata pejabat Siprus, Sabtu (4/2). Mereka yakin pelayaran migran tersebut bertolak dari Mersin, Turki.

Seorang pejabat kepolisian yang tidak mau menyebut namanya sesuai dengan peraturan polisi mengatakan kepada Associated Press bahwa kapal itu terlihat kira-kira 15 kilometer di lepas pantai sebelum mendarat dekat desa Kato Pyrgos.

Polisi menemukan migran itu di tempat pendaratannya tidak lama setelah tengah malam Sabtu.

Penjabat Komandan Pertahanan Sipil Siprus, Loukas Hadjimichael mengatakan kepada Associated Press bahwa ke-93 orang migran itu dalam keadaan sehat dan akan dipindahkan ke pusat penerimaan dekat ibukota Nicosia.

Hadjimichael mengatakan ini adalah rombongan yang ke-11 yang datang ke pulau Laut Tengah timur itu dengan kapal sejak September tahun 2014. Ke-11 kapal itu membawa 948 orang.

Siprus terletak kira-kira 160 kilometer dari pantai Laut Tengah Suriah, tetapi belum pernah mengalami banjir besar pengungsi dan migran seperti yang dialami oleh Turki dan Yunani.

Hadjimichael mengatakan ini merupakan kedatangan kapal migran pertama tahun ini. [gp]

XS
SM
MD
LG