Tautan-tautan Akses

Kapal Pukat Rusia Tenggelam di Laut Barents, 17 Awak Hilang


Sebuah kapal pukat Rusia tenggelam Senin (28/12) di bagian utara Laut Barents dan 17 awaknya masih dinyatakan hilang, sebagai ilustrasi. (Foto: AFP)

Sebuah kapal pukat Rusia tenggelam Senin (28/12) di bagian utara Laut Barents dan 17 awaknya masih dinyatakan hilang.

Menurut pernyataan Komite Investigasi Rusia, kapal dengan 19 awak itu terbalik dan tenggelam pada Senin (28/12) pagi. Dua awak kapal itu berhasil diselamatkan.

Operasi pencarian korban saat ini masih berlangsung, sementara penyelidikan kriminal atas insiden tersebut mulai dilakukan.

Kantor berita Interfax melaporkan empat kapal telah dikerahkan untuk mencari para awak yang hilang.

Satu dari dua awak kapal yang berhasil diselamatkan mengklaim bahwa setidaknya satu rekan kerjanya telah meninggal. "Seorang awak kapal tewas, mayatnya hanyut ke laut,” katanya.

Masih menurut orang tersebut, para awak kapal tidak sempat menggunakan peralatan penyelamat. Kejadian itu berlangsung dengan cepat. "Bencana terjadi saat badai yang kuat, ketika awak kapal sedang mengangkat jaring dengan hasil tangkapannya. Tidak ada waktu untuk menggunakan peralatan tersebut. Orang-orang benar-benar tersapu dari atas dek ke laut," jelasnya.

Penumpukan es di kapal bisa menyebabkan tenggelamnya kapal pukat tersebut, kata Kementerian Penanggulangan Keadaan Darurat Rusia. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG