Tautan-tautan Akses

Kapal Perang AS Lalui Perairan Yang Pisahkan China-Taiwan


Kapal perusak berpeluru kendali, USS McCampbell berlayar melalui perairan sempit yang memisahkan China dari Taiwan, Rabu, 13 Mei 2020. (Foto: dok).

Sebuah kapal perang Angkatan Laut AS melalui Selat Taiwan, Rabu (13/5). Armada Pasifik AS memuat pesan di laman Facebooknya dengan foto kapal perusak berpeluru kendali USS McCampbell berlayar melalui perairan sempit yang memisahkan China dari Taiwan.

Armada Pasifik menyatakan USS McCampbell berlayar melalui selat itu sebagai “bagian dari operasi yang sedang berlangsung di Indo-Pasifik.”

Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan kapal perusak itu berlayar menuju selatan di lepas pantai baratnya dalam misi rutin, tetapi tidak memberi rincian lainnya.

Ketegangan meningkat antara China dan Taiwan, pulau berpemerintahan sendiri yang dianggap Beijing sebagai provinsi sempalan yang berada di bawah kekuasaannya.

China telah berkali-kali melakukan latihan laut dan udara di dekat Taiwan dalam beberapa tahun ini, dan telah menyatakan kemarahan atas latihan angkatan laut AS di dekat pulau itu serta atas dukungan kuat pemerintahan Trump terhadap Taipei. [uh/ab]

Lihat komentar (4)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG