Tautan-tautan Akses

Kapal Nelayan di Pesisir Turki Tenggelam, 20 Hilang


Para relawan membantu para migran dan pengungsi yang muram setibanya di pantai pulau Lesbos, Yunani timur laut, setelah melintasi laut Aegea dari Turki, 20 Maret 2016. (Foto: dok).

Empat orang tenggelam dan sedikitnya 20 lainnya hilang, Jumat (22/9) setelah sebuah kapal nelayan yang membawa migran tenggelam di lepas pantai Laut Hitam di Turki, sebut garda pantai Turki dalam sebuah pernyataan.

Sedikitnya 38 migran telah diselamatkan kapal-kapal penjaga pantai dan kapal-kapal komersial, sewaktu kapal nelayan itu tenggelam menjelang subuh di lepas pantai Kefken, sekitar 200 kilometer sebelah timur Istanbul, sebut pernyataan itu.

Disebutkan pula bahwa sebuah pesawat dan dua kapal penjaga pantai telah dikirim ke kawasan tersebut setelah sebuah kapal niaga melaporkan adanya sinyal SOS dari kapal nelayan tersebut.

Ambulans dan tim-tim medis dikirim ke pelabuhan Kefken dan menunggu kapal-kapal yang membawa sejumlah migran yang berhasil diselamatkan.

Belum jelas ke mana tujuan kapal tersebut dan tidak ada keterangan mengenai kebangsaan para migran itu.

Sementara jumlah migran yang menyeberangi Laut Aegea untuk menuju negara-negara Uni Eropa telah berkurang, jumlah orang yang menyeberangi Laut Hitam dari Turki menuju negara anggota Uni Eropa Romania telah meningkat menjadi ratusan orang setiap bulan. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG