Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Siap Penuhi Komitmen 3 Miliar Euro untuk Turki


Kamp pengungsi di Diyarbakır, Turki (foto: dok). Turki menampung sekitar tiga juta pengungsi Suriah yang tinggal di sana.
Kamp pengungsi di Diyarbakır, Turki (foto: dok). Turki menampung sekitar tiga juta pengungsi Suriah yang tinggal di sana.

Uni Eropa berharap bisa menyelesaikan alokasi seluruh komitmennya yang bernilai tiga miliar euro atau hampir 3,3 miliar dolar yang dijanjikan pada Turki untuk membantu negara itu menampung sekitar tiga juta pengungsi Suriah yang tinggal di sana.

Pejabat Senior Komisi Eropa Myria Ferran hari Kamis (27/4) mengatakan pada anggota parlemen bahwa ‘’kami menilai semuanya akan beres. Batas waktu ini akan bisa dipenuhi.’’

Ferran menambahkan lebih dari dua per tiga dana itu telah dialokasikan dan kontrak berjumlah 1,5 miliar dolar telah ditandatangani.

Uni Eropa menawarkan dana itu pada Turki bulan Maret 2016 sebagai bagian dari perjanjian untuk mencegah para migran datang ke Yunani. Perjanjian itu juga menyerukan agar keanggotaan Turki di Uni Eropa bisa dipercepat dan juga dikeluarkan peraturan perjalanan bebas visa bagi warga negara Turki.

Uni Eropa menjanjikan tambahan tiga miliar euro jika anggaran awal itu digunakan secara benar. [em/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG