Tautan-tautan Akses

Kapal-Kapal AS Berhadapan dengan Perahu Cepat Iran


Kapal milik Angkatan Laut Garda Revolusi Iran di dekat kapal angkatan laut A.S. yang transit di Selat Hormuz, 10 Mei 2021. (Angkatan Laut AS via AP)
Kapal milik Angkatan Laut Garda Revolusi Iran di dekat kapal angkatan laut A.S. yang transit di Selat Hormuz, 10 Mei 2021. (Angkatan Laut AS via AP)

Satu kelompok terdiri dari 13 perahu cepat (speedboat) bersenjata Garda Revolusi Iran melakukan manuver kecepatan tinggi yang “tidak aman dan tidak profesional” ke arah kapal-kapal Angkatan Laut AS di Selat Hormuz pada hari Senin, kata para pejabat AS.

Sebuah kapal Garda Pantai AS melepaskan tembakan peringatan sewaktu dua perahu Iran mendekat dalam jarak berbahaya, kata para pejabat. Ini kedua kalinya dalam dua pekan sebuah kapal AS melepaskan tembakan untuk memperingatkan perahu-perahu Garda Revolusi Iran.

Ketika ditanya apakah Garda Revolusi tampak sedang berusaha memancing pertempuran dengan Angkatan Laut AS, Sekretaris Pers Pentagon John Kirby menolak mengomentari niat Iran.

Dalam insiden hari Senin, Kirby mengatakan 13 perahu cepat Iran bermanuver dengan kecepatan tinggi ke arah enam kapal Angkatan Laut AS yang sedang mengawal kapal selam berpeluru kendali USS Georgia melewati Selat Hormuz.

Kapal selam itu sedang berlayar di permukaan. Keenam kapal pengawal Angkatan Laut AS itu mencakup kapal jelajah berpeluru kendali USS Monterey.

Pada suatu saat, dua perahu Iran memisahkan diri dari kelompoknya dan menempatkan diri di sisi lain dari formasi kapal AS. Dua lainnya kemudian melaju ke arah beberapa kapal AS.

Dalam upaya meredakan situasi, para awak AS mengeluarkan beberapa peringatan kepada kedua kelompok perahu Iran, termasuk peringatan lisan, kata Rebecca Rebarich, juru bicara Armada ke-5 Angkatan Laut.

Setelah kedua kapal Iran itu gagal menanggapi banyak peringatan dan mendekat dalam jarak 300 yard (274,32 meter), kapal Garda Pantai Maui melepaskan tembakan peringatan dari senapan mesin berkaliber .50. Kapal itu melepaskan tembakan peringatan lainnya sewaktu perahu Iran mendekat dalam jarak 150 yard (137,16 meter).

Kedua perahu Iran itu kemudian “mengubah arah dan menjauhkan jarak dari kapal-kapal AS,” kata Rebarich.

Konfrontasi ini terjadi sewaktu AS dan Iran sedang dalam pembicaraan tidak langsung di Wina yang bertujuan untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir Iran 2015, yang ditinggalkan AS pada tahun 2018. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG