Tautan-tautan Akses

Kapal Induk Angkatan Laut AS Berkunjung ke Vietnam


Kapal induk bertenaga nuklir USS Carl Vinson tiba di pelabuhan Danang, Vietnam, 5 Maret 2018.

Kapal induk Angkatan laut Amerika berkunjung ke pelabuhan Vietnam untuk pertama kalinya sejak Perang Vietnam berakhir tahun 1975, yang dipandang oleh banyak kalangan sebagai usaha kedua negara untuk membendung ekspansionisme China di Laut China Selatan.

Kapal induk bertenaga nuklir USS Carl Vinson dengan lebih dari 6.000 orang awaknya, yang disertai oleh satu kapal penjelajah dan satu kapal perusak, berkunjung selama lima hari di kota pelabuhan Danang, Vietnam tengah, hari Senin.

Walaupun ini pertama kalinya kapal induk Amerika singgah di Vietnam, kapal-kapal perang Amerika yang lebih kecil sudah pernah berkunjung sementara hubungan membaik antara kedua negara yang pernah bermusuhan itu.

Baca juga: Kapal Perang AS akan Berlayar ke Laut China Selatan

Kunjungan-kunjungan tersebut, antara lain, kunjungan tahun 2016 oleh kapal selam Amerika USS Frank Cable dan kapal perusak berpeluru kendali USS John S. McCain ke Cam Ranh Bay, kompleks logistik Amerika pada masa Perang Vietnam.

Tentara laut Amerika dari kapal induk itu akan bekerja di pusat pengobatan orang yang terkena Agent Orange, racun pemusnah daun-daunan yang pernah disemprotkan ke daerah yang luas oleh militer Amerika pada masa Perang Vietnam, dan mereka juga akan bekerja di sebuah panti asuhan yatim piatu.

Mereka juga akan bermain bola-basket dan sepakbola dengan penduduk setempat, sementara band angkatan laut Amerika akan mengadakan pertunjukan konser.

Kunjungan itu dilakukan sementara negara tetangga China , yang mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan, sedang meningkatkan militernya di kepulauan Paracel dan telah mereklamasi tujuh pulau di Spratlys, wilayah maritim yang juga diklaim Vietnam. [gp]

XS
SM
MD
LG