Tautan-tautan Akses

"Kapal Ilahi": Penerbangan Manusia ke Antariksa dari China Pertama sejak 2016


Roket Long March-2F yang membawa wahana antariksa Shenzhou-12 yang berada di Peluncuran Satelit Jiuquan, Provinsi Gansu, China, 9 Juni 2021. Roket itu akan membawa misi pertama berawak yang dijadwalkan akan diluncurkan pada 17 Juni ke stasiun antariksa y

Sebuah pesawat antariksa China akan lepas landas dari Gurun Pasir Gobi dengan menaiki roket Long March dalam beberapa hari mendatang. Pesawat itu akan mengangkut tiga laki-laki ke sebuah modul yang mengorbit di antariksa untuk misi tiga bulan. Misi itu akan jadi pertama kalinya China mengirim manusia ke antariksa dalam hampir lima tahun.

Shenzhou-12, yang artinya "Kapal Ilahi," akan menjadi yang misi ketiga dari 11 misi yang harus diselesaikan oleh stasiun antariksa China sebelum 2022.

Empat dari ke-11 misi itu melibatkan manusia. Keempat misi itu kemungkinan akan meluncurkan hingga 12 astronaut China ke antariksa. Angka itu lebih banyak dibandingkan 11 astronaut yang telah China kirim ke antariksa sejak 2003.

China, yang bertujuan menjadi kekuatan antariksa besar sebelum 2030, pada Mei menjadi negara kedua yang menempatkan sebuah wahana penjelajah, dua tahun setelah mengirim pesawat antariksa pertama di sisi lain Bulan.

China juga berencana mengirim astronaut ke bulan. [vm/pp]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG