Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman Serukan Kerjasama Internasional Perangi Corona


Kanselir Jerman, Angela Merkel menghadiri pertemuan di Reichstag (Gedung Parlemen Jerman), Berlin, 23 April 2020.

Kanselir Jerman Angela Merkel, Kamis (23/4), menyerukan adanya kerjasama internasional dalam mengembangkan vaksin virus corona. Ia mengatakan, wabah virus itu melintasi perbatasan antar negara dan hanya bisa dilawan bersama-sama.

Berbicara dalam sebuah sidang parlemen Jerman, yang para anggotanya hadir sambil mempraktikkan social distancing, Merkel mengatakan, para ilmuwan Jerman sibuk melakukan riset mengenai virus itu di dalam negeri namun kerjasama internasional melawan virus tersebut sangatlah penting.

“Sains bukanlah masalah kebangsaan, namun kemanusiaan,” katanya. “Sehingga ketika obat atau vaksin ditemukan, diuji dan dirilis dan digunakan, itu harus tersedia di seluruh dunia, dan terjangkau oleh seluruh dunia.”

Presiden AS Donald Trump telah mengumumkan penghentian penyaluran dana ke WHO untuk mengevaluasi bagaimana organisasi itu menangani wabah virus corona, namun Merkel memuji WHO dalam perjuangannya memerangi virus tersebut.

“Bagi pemerintah Jerman, saya menegaskan bahwa WHO adalah mitra yang sangat diperlukan, dan kami mendukung mandat mereka,” katanya.

Jerman pekan ini secara perlahan mulai melonggarkan pembatasan sosial setelah memberlakukan lockdown selama berpekan-pekan, dengan mengizinkan toko-toko kecil buka sementara tetap mempraktikkan social distancing. Semua negara bagian memberlakukan keharusan untuk menggunakan masker di toko-toko dan transportasi publik.

Menurut perhitungan John Hopkins University, Jerman melaporkan lebih dari 150.000 kasus positif virus corona dengan jumlah kematian relatif rendah, yakni 5.000. Sementara itu 100.000 orang dinyatakan pulih dari serangan virus itu. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG