Tautan-tautan Akses

AS

Kanker Bungkam Suara Terkemuka di Radio Konservatif 


Ibu Negara Melania Trump memasang medali penghargaan Presidential Medal of Freedom kepada penyiar siaran konservatif, Rush Limbaugh, di Washington, 4 Februari 2020.(Foto: Reuters/Tom Brenner)

Rush Limbaugh adalah komentator radio yang berhasil menyebarluaskan pesan konservatisme Amerika. Ia wafat pada Rabu (17/2).

Limbaugh yang berusia 70 tahun, didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium akhir pada Februari 2020. Sehari setelah diagnosis itu, Presiden Donald Trump mengumumkan dalam pidato State of the Union bahwa ia memberi penyiar itu Presidential Medal of Freedom, penghargaan tertinggi untuk seorang warga sipil.

Trump yang habis masa jabatannya hampir sebulan lalu, menelepon program televisi Fox News pada Rabu (17/2) untuk mengucapkan duka cita dan pujiannya untuk Rush Limbaugh.

“Dia bersama saya dari permulaan,” kata Trump, mengacu pada bulan-bulan awal kampanye kepresidenannya pada 2015. “Dia senang dengan apa yang saya katakan.”

Kata Trump, Limbaugh punya “pemahaman luar biasa, sangat pintar dan tidak ada yang bisa menyamainya,” dan menggambarkan salah satu pendukungnya yang terkemuka itu sebagai “seseorang yang tidak bisa digantikan.”

Mantan wakil presiden Mike Pence mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, “Limbaugh memberi suara pada idealisme dan nilai-nilai yang menjadikan kita negara yang besar. Dia mengilhami satu generasi warga Amerika yang konservatif, dan Amerika sangat kehilangannya. Rush Limbaugh membuat konservatif bangga, dan dia bisa membuat konservatisme gagasan yang menyenangkan.”

Mantan presiden George W. Bush mengatakan dalam pernyataan, “Walaupun kasar, kadang-kadang kontroversial, selalu punya opini, dia berbicara apa yang dirasakannya sebagai suara yang mewakili jutaan orang Amerika, dan setiap hari dihadapinya dengan bersemangat.”

Karier Limbaugh menjulang ketika Federal Communications Commission (FCC) menghapus peraturan pada 1987 yang mensyaratkan penyiaran harus memberi waktu berimbang antara sudut pandang politik liberal dan konservatif. Ia membuktikan bahwa monolog konservatif yang provokatif selama berjam-jam bisa sangat menguntungkan bagi ratusan stasiun radio AM yang membawakan program sindikasinya.

Profesi ini juga sangat menguntungkan Limbaugh, yang mengantongi gaji $85 juta per tahun. [jm/ka]

XS
SM
MD
LG