Tautan-tautan Akses

Kanada Pecat Dubes untuk China karena Komentar Kontroversial


John McCallum, yang saat itu menjabat menteri imigrasi Kanada, berbicara di hadapan DPR Kanada di Parliament Hill, Ottawa, Ontario, 31 Oktober, 26 Januari 2019. McCallum dipecat sebagai Dubes Kanada untuk China.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah memecat duta besar untuk China setelah kontroversi seminggu mengenai pernyataan yang dibuat dubes itu terkait ekstradisi seorang warga negara China ke AS.

Trudeau mengumumkan dalam pernyataan Sabtu (26/1) bahwa dia telah meminta dan menerima pengunduran diri John McCallum, tanpa merincikan alasannya.

McCallum menjadi sorotan berita pada Selasa (22/1) ketika membahas kasus ekstradisi warga China, Meng Wanzhou, yang ditangkap pada Desember di Vancouver, ke AS. Dia dilaporkan membahas beberapa argumen hukum yang bisa digunakan Meng untuk menentang ekstradisi.

Dua hari kemudian dia memohon maaf atas komentarnya itu, mengatakan dia "keliru" ketika membahas kasus itu. Tapi Jumat (25/1), dia dilaporkan menambahkan bahwa akan "baik bagi Kanada" apabila AS membatalkan kasus itu.

Meng adalah CFO perusahaan telekomunikasi Huawei dan dituduh memfasilitasi perjanjian-perjanjian bisnis yang melanggar sanksi-sanksi PBB terhadap Iran.

Tidak lama setelah penangkapan Meng pada 1 Desember, Tiongkok menangkap dua warga negara Kanada atas berbagai tuduhan bahwa mereka membahayakan keamanan nasional China.

Kanada telah mengatakan penangkapan-penangkapan itu merupakan tindakan sewenang-wenang. [vm]

XS
SM
MD
LG