Tautan-tautan Akses

China Keluarkan Peringatan Perjalanan ke Kanada untuk Warganya


Geng Shuang, juru bicara Kementerian Luar Negeri China berbicara kepada media di Beijing.

China telah menerbitkan sebuah peringatan untuk warganya Selasa (15/1), dan mendesak mereka untuk mengkaji sepenuhnya risiko melakukan perjalanan ke Kanada setelah seorang eksekutif China ditangkap di sana.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan, Kanada baru-baru ini menahan seorang warga China, mengacuk pada eksekutif China Meng Wanzhou.

Meng adalah CFO Huawei, sebuah konglomerat komunikasi, yang ditangkap pada 1 Desember atas permintaan dari Amerika.

Meng dituduh berbohong kepada bank-bank dan melakukan transaksi yang melanggar sanksi Amerika yang diberlakukan terhadap Iran. Dia membantah tuduhan itu.

Meng dibebaskan dengan uang jaminan di Vancouver, tetapi menghadapi ancaman ekstradisi ke Amerika.

Penerbitan peringatan perjalanan ini merupakan petunjuk terbaru terjadinya peningkatan ketegangan antara Kanada dan China.

Dua warganegara Kanada ditangkap di China setelah penahanan Meng. Dan pada Senin, sebuah pengadilan di China timur laut menjatuhkan hukuman mati terhadap warga Kanada Robert Lloyd Schellenberg karena melakukan penyelundupan narkoba. Persidangan dirinya merupakan pengulangan dan dilakukan secara mendadak serta berlangsung satu hari. Schellenberg telah dijatuhi hukuman 15 tahun penjara pada November yang lalu atas pelanggaran narkoba.

China membantah persidangan ini terkait dengan situasi Meng.

Peradilan ulang ini telah memicu Kanada untuk memperbaharui peringatan perjalanan ke China, dan memperingatkan warganya agar berhati-hati di China akibat risiko pemberlakuan hukum setempat secara acak. [jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG