Tautan-tautan Akses

Kanada Buka Kembali Perbatasan Darat untuk Warga AS yang Divaksinasi


Perbatasan AS-Kanada antara Sarnia, Kanada dengan Port Huron, Michigan, AS (foto: ilustrasi).

Kanada hari Senin (9/8) membuka kembali perbatasan daratnya dengan Amerika bagi warga yang sudah divaksinasi untuk perjalanan non esensial pertama yang bisa dilakukan warga AS sejak Maret 2020.

Berdasarkan rencana tersebut, disertai pengisian permohonan, pengunjung harus memberikan bukti vaksinasi lengkap dengan vaksin yang disetujui departemen kesehatan Kanada dan tes COVID-19 negatif yang diambil selama 72 jam sebelumnya. Permohonan ini tersedia melalui aplikasi smartphone yang bisa diunduh.

Associated Press melaporkan sementara Badan Layanan Perbatasan Kanada tidak akan menyebutkan berapa banyak orang yang diperkirakan mengajukannya, sebuah perusahaan AS yang menawarkan pengujian COVID-19 pada hari yang sama mengatakan menyaksikan peningkatan jumlah prosedur tiga kali lipat dalam beberapa minggu terakhir.

Video dari berbagai penyeberangan perbatasan di negara bagian New York dan Washington menunjukkan mobil berbaris untuk menyeberang ke Kanada pada hari Senin (9/8). Bisnis di kedua sisi perbatasan yakin peningkatan lalu lintas itu akan meningkatkan perdagangan.

Langkah ini mengikuti keputusan Kanada bulan lalu untuk membatalkan persyaratan karantina selama dua minggu bagi warganya ketika mereka kembali dari AS. [my/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG