Tautan-tautan Akses

Kabel Baja Aus, Layar Video Raksasa Jatuh ke Panggung Konser


Anggota dari boyband Cantopop "Mirror" berpose di karpet merah acara penganugerahan film Hong Kong, pada 17 Juli 2022. (Foto: AP/Kin Cheung)
Anggota dari boyband Cantopop "Mirror" berpose di karpet merah acara penganugerahan film Hong Kong, pada 17 Juli 2022. (Foto: AP/Kin Cheung)

Dua penari luka-luka setelah layar video berukuran raksasa jatuh ke panggung saat konser boyband Hong Kong “Mirror” bulan lalu.

Satuan tugas investigasi yang menyelidiki kecelakaan itu mengumumkan temuan awal itu pada Rabu (24/8).

Anggota satuan tugas Lim Chaw-hyon mengatakan “kabel baja yang putus di tempat itu telah diperbesar dengan mikroskop lima ribu kali. Ditemukan adanya garis-garis logam yang aus – disebut metal fatigue – pada kabel baja itu. Eksperimen menunjukkan daya dukung kabel baja berdiameter lima milimeter itu adalah 20 persen lebih kecil dibandingkan dengan kabel baja umum di pasaran.”

Lim Chaw-hyon lebih lanjut mengatakan ada beberapa masalah yang memperburuk “metal fatigue” pada kabel baja itu dalam waktu singkat.

“Kabelnya rusak, dan alasannya sedang diselidiki lebih lanjut,” ujarnya seraya menambahkan “pelindung tali seharusnya melindungi kabel baja itu agar tidak bergeser, tetapi tempat kabel baja itu tertekan dan menyebabkannya aus, yang akhirnya mempercepat putusnya kabel itu. Selain itu berat LED – televisi layar lebar – yang melebihi kekuatan kabel baja ikut meningkatkan risiko kecelakaan.” [em/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG