Tautan-tautan Akses

AS

1,3 Juta Lagi Warga AS Ajukan Tunjangan Pengangguran Pekan Lalu


Antrean warga AS yang mengajukan tunjangan pengangguran di Frankfort, Kentucky.

Lebih dari 1,3 juta lagi orang Amerika mengajukan tunjangan pengangguran pekan lalu, angka yang menunjukkan bahwa banyak pengusaha masih melakukan PHK akibat merebaknya kembali virus corona.

Tingkat PHK yang terus meningkat disebabkan lonjakan penularan virus yang memaksa enam negara bagian AS menunda langkah mereka untuk membuka kembali bisnis. Keenam negara bagian itu, Arizona, California, Colorado, Florida, Michigan and Texas — yang merupakan sepertiga dari perekonomian AS.

Lima belas negara bagian lainnya juga menangguhkan pembukaan kembali. Secara keseluruhan penundaan itu menghentikan pemulihan sementara di pasar perburuhan dan kemungkinan akan memicu PHK tambahan.

Laporan Departemen Tenaga Kerja AS hari Kamis menunjukkan, jumlah pendaftar yang minta bantuan pengangguran turun dari 1,4 juta pada minggu sebelumnya. Angka itu sekarang mencapai 1 juta selama 16 minggu berturut-turut. Sebelum pandemi, rekor tertinggi untuk pendaftaran pengangguran kurang dari 700.000 per minggu. [ps/ii]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG