Tautan-tautan Akses

Juri Putuskan Bill Cosby Lecehkan Gadis Berusia 16 Tahun pada 1975


Bill Cosby tiba di pengadilan Montgomery County untuk menjalani persidangan kasus kekerasan seksual yang menjerat dirinya, di Norristown, Pennsylvania, 25 September 2018. (Foto: AP/Matt Rourke)
Bill Cosby tiba di pengadilan Montgomery County untuk menjalani persidangan kasus kekerasan seksual yang menjerat dirinya, di Norristown, Pennsylvania, 25 September 2018. (Foto: AP/Matt Rourke)

Juri di pengadilan sipil, pada Selasa (21/6), mendapati bahwa Bill Cosby melakukan pelecehan seksual terhadap seorang gadis berusia 16 tahun di Playboy Mansion pada tahun 1975.

Juri di Los Angeles County menyampaikan putusan yang mendukung Judy Huth, yang kini telah berusia 64 tahun, dan memberinya kompensasi sebesar $500.000.

Juri mendapati bahwa Cosby telah dengan sengaja menyebabkan terjadinya kontak seksual berbahaya dengan Huth, yang ia yakini berusia di bawah 18 tahun, dan ia nilai perilakunya didorong oleh minat seksual yang tidak wajar atau abnormal pada anak di bawah umur.

Keputusan juri tersebut merupakan kekalahan hukum yang besar bagi entertainer berusia 84 tahun itu, yang pernah dipuji sebagai “ayah Amerika.” Keputusan ini hanya berselang hampir satu tahun setelah masa hukuman pidananya di Pennsylvania dicabut yang membuat ia dibebaskan dari penjara.

Gugatan Huth adalah salah satu tuntutan hukum terakhir yang tersisa terhadap Cosby, setelah perusahaan asuransinya menyelesaikan banyak gugatan hukum yang bertolakbelakang dengan keinginannya.

Cosby tidak menghadiri sidang pengadilan atau menyampaikan kesaksian langsung, tetapi petikan video pendek dari desposisi video 2015 yang diputar untuk tim juri menunjukkan bahwa ia menyangkal telah melakukan kontak seksual dengan Huth. Ia juga menyanggah tuduhan itu lewat pengacara dan juru bicaranya.

Juri telah mencapai kesimpulan pada hampir setiap pertanyaan dalam formulir vonis tersebut, termasuk pada hal apakah Cosby memperdaya Huth dan apakah ia layak menerima ganti rugi setelah perundingan yang berlangsung selama dua hari yang dimulai Jumat (17/6) lalu. Namun ketua juri tidak dapat melayani lebih jauh karena komitmen pribadi, dan panel harus mulai berunding dari awal dengan juri alternatif pada Senin (20/6). [em/rs]

XS
SM
MD
LG