Tautan-tautan Akses

Juni, China Akan Memvaksinasi 40 Persen Populasi


Orang-orang duduk di lokasi vaksinasi setelah menerima dosis vaksin COVID-19, di Shanghai, Cina 19 Januari 2021. (Foto: Reuters)
Orang-orang duduk di lokasi vaksinasi setelah menerima dosis vaksin COVID-19, di Shanghai, Cina 19 Januari 2021. (Foto: Reuters)

Pakar kesehatan China mengatakan negara tersebut tertinggal dalam mengembangkan vaksinasi virus corona karena sebagian besar COVID-19 terkendali. Meski demikian, mereka berencana untuk memvaksinasi 40 persen populasi pada Juni.

Zhong Nanshan, ketua kelompok ahli di bawah Komisi Kesehatan Nasional, seperti dilansir dari Associated Press, mengatakan hingga 28 Februari, China telah mengirimkan 52,52 juta dosis vaksin COVID-19.

Ini adalah pertama kalinya China secara terbuka memaparkan di hadapan publik sejak negara itu meluncurkan kampanye imunisasi skala besar pada pertengahan Desember.

Zhong mengatakan, jika dibandingkan dengan negara lain, China lebih lambat dalam memvaksinasi warganya, sejauh ini baru 3,56% dari 1,4 miliar penduduknya yang telah disuntik vaksin. Dalam hal persentase populasi Israel, angka itu menempati urutan pertama di dunia, dan negara itu telah memvaksinasi lebih dari 90 persen populasi. Dan AS Sekitar 22 persen populasi telah divaksinasi.

Pakar kesehatan China mengatakan bahwa meskipun China telah berjanji untuk menyediakan hampir satu miliar dosis vaksin di luar negeri, yaitu sekitar 10 kali lipat dari dosis domestiknya, negara tersebut tetap menyediakan cukup vaksin untuk populasinya.

"Karena situasi pengendalian wabah di China terkontrol dengan baik, jadi kecepatan vaksinasi saat ini sangat lambat, tetapi saya pikir kapasitas vaksinasi sudah cukup." Zhang Wenhong, seorang ahli penyakit menular yang berbasis di Shanghai.

Empat pengembang vaksin China yang saat ini disetujui untuk digunakan di China mengatakan mereka dapat memproduksi hingga 2,6 miliar dosis vaksin pada akhir tahun ini. Namun, memvaksinasi sejumlah besar orang di China akan menjadi tugas yang menakutkan.

Bahkan dengan kecepatan memvaksinasi 10 juta orang per hari, dibutuhkan sekitar tujuh bulan untuk memvaksinasi 70 persen populasinya, kata Zhang.

Semua ahli menyadari bahwa memvaksinasi populasi dunia adalah tugas yang kompleks, dan menunjukkan bahwa peluncuran vaksin global lambat.

"Permintaan akan berlanjut selama beberapa bulan, kecuali jika ada lebih banyak manufaktur, jika tidak ... itu akan berlanjut selama bertahun-tahun." kata Tom Frieden, mantan direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Gao Fu, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, meramalkan bahwa kehidupan dapat kembali ke "perkiraan normal" pada musim panas mendatang.

Gao, bersama dengan Zhong dan pakar kesehatan Chinalainnya, mendesak lebih banyak kerja sama China-AS. Gao secara khusus meminta Amerika Serikat dan China untuk bekerja sama dalam COVAX, sebuah rencana untuk mendistribusikan vaksin secara lebih adil di negara-negara berkembang.

“Mari bekerja sama” katanya. [na/ah]

XS
SM
MD
LG