Tautan-tautan Akses

Jumlah Korban Tewas Akibat Tsunami Naik Menjadi 373


Kondisi pasca tsunami di Selat Sunda, 24 Desember 2018. (Foto courtesy: BNPB)
Kondisi pasca tsunami di Selat Sunda, 24 Desember 2018. (Foto courtesy: BNPB)

Jumlah korban tewas akibat tsunami di kawasan sekitar Selat Sunda meningkat menjadi 373 orang, dengan 128 lainnya masih dinyatakan hilang, kata Juru bicara Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo PurwoNugroho melalui sebuah pernyataan tertulis Senin malam.

Sutopo menjelaskan daerah yang terdampak paling parah adalah pesisir Kabupaten Pandenglang. Di daerah yang merupakan kawasan wisata tersebut, banyak terdapat hotel dan tempat persinggahan wisatawan.

Sutopo mengatakan penanganan darurat terus dilanjutkan dengan fokus pada evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban, penanganan korban luka, pelayanan pengungsi, dan perbaikan sarana dan prasarana umum.

Jumlah pengungsi saat ini sudah menyusut drastis dari 11.453 menjadi 5.361 orang, karena banyak di antara mereka telah meninggalkan kawasan tersebut.

Hari kedua sesudah tsunami menerjang Sabntu malam lalu, kecemasan masih menjalar. Namun sejumlah warga juga sudah mulai berani untuk kembali untuk melihat langsung kerusakan yang terjadi pada tempat tinggal dan tempat usaha mereka. [ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG