Tautan-tautan Akses

Jumlah Korban Tewas Akibat Gempa Meksiko Bertambah Menjadi 90


Gempa di Meksiko
Gempa di Meksiko

Jumlah korban tewas akibat gempa dahsyat yang mengguncang Meksiko Selatan telah meningkat menjadi sedikitnya 90 orang, kebanyakan korban berada di negara bagian Oaxaca.

Gempa berkekuatan 8,2 dalam skala Richter itu mengguncang kawasan pesisir Pasifik di Meksiko Selatan beberapa waktu menjelang Kamis tengah malam, sekitar 100 kilometer dari kota Tonala.

Gempa ini memicu tsunami setinggi 1 meter, sebut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik. Namun tidak ada laporan mengenai kerusakan akibat tsunami.

Gempa tersebut bisa dirasakan hingga di Mexico City dan Guatemala City. Penduduk di ibukota Meksiko berlarian ke jalan-jalan karena khawatir bangunan-bangunan akan runtuh. Banyak di antara mereka masih mengenakan baju tidur.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto telah menyatakan bahwa gempa ini lebih kuat daripada gempa yang melanda negara itu pada tahun 1985 yang menewaskan ribuan orang. Dalam pidato yang ditayangkan televisi pada Jumat malam, ia menetapkan tiga hari masa berkabung nasional dan berjanji pemerintah akan membantu pembangunan kembali.

“Kekuatan gempa ini sangat dahsyat,” kata Pena Nieto. Akan tetapi, tambahnya, tanggapan Meksiko akan lebih besar lagi. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG