Tautan-tautan Akses

Jumlah Kasus Virus Corona India Dekati 1 Juta


Petugas kesehatan tiba di kawasan kumuh di Mumbai, India, untuk mendeteksi warga dengan gejala Covid-19, 10 Juli 2020. (Foto: dok).

Jumlah kasus virus corona yang dikukuhkan di India terus meningkat secara signifikan. Pada Selasa (14/7), 28.000 kasus baru dikukuhkan, sehingga totalnya kini mendekati satu juta.

Kementerian Kesehatan India melaporkan 28.498 kasus selama 24 jam terakhir, sehingga secara nasional jumlahnya kini menjadi 906.752 kasus. Kementerian itu juga menyebutkan, ada 553 kematian dalam 24 jam terakhir akibat virus itu, sehingga total korban tewas mencapai 23.727.

India semakin mengukuhkan diri sebagai negara dengan kasus Covid-19 terbanyak ketiga di dunia, setelah Amerika Serikat dan Brazil.

Amitabh Bachchan, saat tampil dalam acara konser "I for India" yang ditampilkan secara live di Facebook, di New Delhi, 3 Mei 2020. (Foto: dok).
Amitabh Bachchan, saat tampil dalam acara konser "I for India" yang ditampilkan secara live di Facebook, di New Delhi, 3 Mei 2020. (Foto: dok).

Mempertimbangkan kenaikan jumlah kasus sekitar 100.000 dalam empat hari terakhir, beberapa kota besar di India berencana memberlakukan kembali lockdown, namun kali ini hanya bersifat sebagian.

India telah beberapa pekan mencabut lockdown nasional, dan banyak pakar memperkirakan langkah ini diambil terlalu dini dan tanpa persiapan matang sehingga virus corona menyebar secara signifikan.

Pune, sebuah kota di India Selatan memulai lockdown 10 hari, Selasa (14/7), dalam usaha memutus rantai penularan. Hanya bisnis-bisnis yang dinilai esensial yang diperkenankan beroperasi, seperti toko susu, farmasi, klinik kesehatan dan pusat-pusat penanggulangan keadaan darurat.

Delapan dari 28 negara bagian India menyumbang sekitar 90 persen kasus yang tercatat di India. Kedelapan negara bagian itu mencakup Maharashtra, Tamil Nadu dan New Delhi. [ab/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG