Tautan-tautan Akses

Jumlah Kargo Terkirim via Terusan Panama Capai Rekor


Kapal-kapal kargo menunggu giliran transit melewati Terusan Panama di Aqua Clara, Panama, 29 Desember 2018.

Perang dagang AS-China ternyata tak menyurutkan lalu-lintas perdagangan di Terusan Panama.

Pada tahun fiskal yang baru berlalu, jumlah kargo yang dikirim melalui jalur Terusan Panama mencapai jumlah rekor 441 juta ton, naik 9.5 persen dari tahun sebelumnya, kantor berita AFP melaporkan, Kamis (11/10), mengutip keterangan para pejabat pengelola jalur perdagangan tersebut.

“Terusan Panama menutup tahun fiskal 2018 (1 Oktober 2017-1 September 2018) dengan rekor jumlah tonase tertinggi dalam sejarah, yaitu 442.1 juta ton,” kata badan tersebut dalam pernyataan.

Menurut jumlah kargo yang melewati Terusan Panama, paling banyak adalah kargo dari pantai timur Amerika menuju Asia dan Amerika Selatan.

Sekitar lima persen dari perdagangan maritim global melewati Terusan Panama, dengan sekitar dua pertiga adalah aktivitas pengiriman kargo dari dan ke Amerika Serikat.

Angka rekor itu dicapai meski ada perang dagang antara AS dan China. Keduanya adalah pengguna utama jalur tersebut, menyumbang total 86 persen dari total kargo pada 2017.

Namun pengawas Terusan Panama, Jorge Quijano, mengatakan diperkirakan aka nada penurunan pendapatan sekitar $50 juta sebagai dampak pertikaian antara Washington dan Beijing yang terus berlangsung. [ft]

XS
SM
MD
LG