Tautan-tautan Akses

IMF Turunkan Perkiraan Pertumbuhan AS-China Tahun 2019


Maurice Obstfeld, Penasihat Riset Ekonomi IMF

Dana Moneter Internasional/IMF mengatakan meningkatnya perang dagang AS-China akan menghambat pertumbuhan ekonomi global tahun ini dan tahun depan.

IMF mengeluarkan penilaian baru tersebut pada pertemuan di Bali, Indonesia, sementara Presiden AS Donald Trump kembali mengancam akan memberlakukan tarif impor yang lebih tinggi terhadap ekspor China yang dikirim ke Amerika.

Maurice Obstfeld, Penasihat Riset Ekonomi IMF mengatakan, "Terlepas dari momentum permintaan di AS saat ini , kami telah menurunkan perkiraan pertumbuhan AS tahun 2019 karena tarif yang diberlakukan baru-baru ini dan berbagai impor dari China serta pembalasan China. Perkiraan pertumbuhan ekonomi China tahun 2019 juga diturunkan. Kebijakan domestik China tampaknya akan mencegah penurunan pertumbuhan yang lebih besar daripada yang kami proyeksikan."

IMF memperkirakan "semua orang akan terkena dampaknya," ketika AS dan China, dua ekonomi terbesar di dunia bertikai mengenai tarif impor dan masalah perdagangan lainnya.

IMF mengatakan perselisihan antara AS dan China akan membuat negara-negara berkembang rentan terhadap tekanan mendadak. (my)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG