Tautan-tautan Akses

Jokowi: Jakarta Perlu Tanggul Laut Raksasa Segera


Para pejalan kaki berjalan dekat tanggul laut raksasa yang berfungsi menahan agar air laut tidak mengalir ke daratan dan menyebabkan banjir di Jakarta, 27 Juli 2019. Presiden Joko Widodo mengatakan akan mempercepat pembangunan tanggul raksasa itu.

Presiden Joko Widodo mengatakan dia ingin pembangunan tanggul laut raksasa dipercepat untuk mencegah agar Jakarta tidak tenggelam.

Komentarnya kepada Associated Press memberikan urgensi baru pada proyek besar yang berlangsung lamban dan disengketakan itu.

Jokowi bersaing dengan waktu. Heri Andreas, seorang pakar ITB, menekankan, Sabtu (27/7), bahwa apabila dataran terus amblas pada tingkat sekarang ini, sepertiga Jakarta bisa tenggelam pada 2050. Hal itu terutama disebabkan oleh ekstraksi air tanah berlebihan dan semakin banyak bangunan, termasuk bangunan tingkat tinggi, yang menekan tanah berawa.

Krisis yang dihadapi kota berpenduduk 10 juta orang itu adalah puncak dari pembangunan yang tak terkendali. Naiknya permukaan laut akibat pemanasan global akan menambah pelik masalah dalam beberapa dekade mendatang. [vm/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG