Tautan-tautan Akses

Jokowi Ajak Direktur IMF Blusukan ke RSPP dan Tanah Abang


Presiden Joko Widodo dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde memberi keterangan di pasar Tanah Abang. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Joko Widodo menerima Direktur Pelaksana lembaga Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) Christine Lagarde di Istana Merdeka.

Jelang pertemuan lembaga Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) dan Bank Dunia pada Oktober 2018 di Bali, delegasi IMF bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas persiapan Indonesia sebagai tuan rumah.

Usai pertemuan resmi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/2), Jokowi mengajak Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde berkunjung atau blusukan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP).

Saat memberi keterangan bersama di RSPP, Jokowi mengatakan kesepakatan kerja sama Indonesia – IMF akan dijelaskan dalam pertemuan tahunan IMF – Bank Dunia.

"Yang penting itu. Kerja samanya di bulan Oktober 2018. Akan ada IMF – World Bank Annual Meeting. Mereka membawa orang banyak peserta banyak. Mereka membawa uang banyak. Sehingga akan berpengaruh pada ekonomi kita," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo mengajak Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde blusukan di pasar Tanah Abang. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)
Presiden Joko Widodo mengajak Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde blusukan di pasar Tanah Abang. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

Christine Lagarde memastikan pertemuan tahunan IMF – Bank Dunia di Bali Oktober 2018 mendatang akan ada pembahasan kerja sama Indonesia – IMF yang menguntungkan.

"Sebenarnya kami melakukan sebagian kerja sama yang menguntungkan pada Oktober. IMF dan Bank Dunia akan mengadakan pertemuan tahunan di Indonesia. Dan akan membawa ribuan orang, untuk bertemu di Bali. Dan berharap orang-orang ini akan membelanjakan banyak uangnya dan itu akan membawa keuntungan untuk perekonomian," kata Lagarde

Di RSPP, Jokowi menunjukkan kepada Lagarde, pelayanan jaminan kesehatan Indonesia di gedung kartu Indonesia Sehat yang terletak di RSPP Jakarta Selatan.

"Jadi gini ya, jaminan kesehatan dalam jumlah yang sangat besar hanya ada di Indonesia. Sembilan puluh dua juta, seratus sembilah puluh tiga koma satu itu sebuah jumlah yang besar sekali. Tidak mudah untuk mengelola tidak mudah untuk memanage ini," kata Jokowi.

Baca: Debat di IMF, Lagarde Puji Sri Mulyani

Jokowi menjelaskan Christine Lagarde mengapresiasi pelayanan kesehatan di Indonesia.

"Banyak negara melihat ini benar-benar sebuah jaminan kesehatan yang gede banget. Dan fasilitasnya tadi sesuai dengan komentar dari Madame Lagarde juga fasilitas kesehatan yang bagus. Sistemnya bagus, fasilitas kamarnya juga baik," ujar Jokowi menjelaskan.

Jokowi mengatakan belum ada kesepakatan baru Indonesia – IMF dalam pertemuan ini.

"Belum ini kita baru nunjuk-nunjukan dulu gitu. Belum, belum sampai kesana. Karena dia tertarik ingin melihat ya kita tunjukan," kata Jokowi.

Christine Lagarde mengapresiasi jaminan kesehatan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Menurut dia, memberikan jaminan kesehatan kepada puluhan juta masyarakat di Indonesia bukan merupakan persoalan yang mudah. Sebab itu, Lagarde terkesan dengan program jaminan kesehatan pemerintah yang dinilai telah berhasil.

Blusukan lalu dilanjutkan ke Pasar Tanah Abang Jakarta. Jokowi ingin menunjukan Indonesia kaya akan usaha kecil menengah.

Presiden Joko Widodo dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde memberi keterangan di Rumah Sakit Pusat Pertamina. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)
Presiden Joko Widodo dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde memberi keterangan di Rumah Sakit Pusat Pertamina. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

"Jadi saya datang ke Pasar Tanah Abang untuk menunjukan ke ibu Madame Christine Lagarde bahwa sektor usaha kecil sektor usaha menengah sektor usaha mikro ini banyak sekali di Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi meyakini blusukannya ke Tanah Abang akan menjadi pengalaman berarti untuk Christine Lagarde. Dengan melihat langsung aktifitas usaha kecil menengah Indonesia di Tanah Abang.

"Faktanya, kita memiliki Tanah Abang yang kiosnya berjumlah 19 ribu lebih. Ini kekuatan kita. Sehingga saya kira menjadi sebuah pengalaman lapangan bagi Lagarde. Sehingga agar desain ekonomi yang akan dilakukan mengingat yang kecil-kecil itu banyak. Bahwa yang mikro-mikro itu banyak sekali. Saya kira itu yang ingin saya tunjukan," ujar Jokowi.

Baca: IMF Optimis Pemulihan Ekonomi Global

Di pasar Tanah Abang ini, Christine Lagarde menyempatkan diri berbelanja pakaian di salah satu toko di Blok A Tanah Abang.

"Tadi Ibu Christine Lagarde belanja baju. Lalu baju koko. Yang koko untuk suaminya," kata Jokowi.

Pada pertemuan itu, Lagarde didampingi Direktur Departemen Asia Pasifik IMF Changyong Rhee, Direktur Departemen Komunikasi IMF Gerard Thomas Rice, Sekretaris IMF Jianhai Lin, Senior Resident Representative for Indonesia John G. Nelmes, dan Kepala Divisi Indonesia pada Departemen Asia Pasifik IMF Luis E. Breuer.

Jokowi Ajak Direktur IMF Blusukan ke RSPP dan Tanah Abang
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:59 0:00

XS
SM
MD
LG