Tautan-tautan Akses

Jimmy Cobb, Drummer Pengiring Album Miles Davis, 'Kind of Blue', Wafat


Drummer jazz legendaris dalam sebuah acara penghormatan untuk album terbaik milik musisi Miles Davis, "Kind of Blue", 11 Desember 2008 di Los Angeles, CA. (Foto: AP Photo)

Jimmy Cobb, seorang pemain perkusi dan anggota terakhir dari album jazz "Kind of Blue" 1959 karya Miles Davis, meninggal dunia.

Melalui Facebook, istrinya, Eleana Tee Cobb mengumumkan Cobb meninggal, Minggu (24/5), di kediamannya di Kota New York karena kanker paru-paru. Jimmy Cobb berusia 91 tahun.

Lahir di Washington, D.C., Cobb adalah seorang pemain drum mengiringi "Kind of Blue" pimpinan Davis yang turut menampilkan Cannonball Adderley dan John Coltrane. “Kind of Blue” merupakan album jazz terlaris sepanjang masa. Cobb mengungkapkan bahwa ia dan teman-teman bandnya mengetahui album yang dirilis pada 17 Agustus 1959 itu akan menjadi hit. Album itu kini terjual lebih dari 4 juta kopi.

Album itu juga sebagai wujud protes bagi laki-laki Afrika-Amerika yang memandang Davis dan sejumlah musisi jazz untuk mematahkan stereotip terkait musik jazz dan sisi kemanusiaan bagi keturunan kulit hitam Amerika.

Cobb juga berkolaborasi dengan sejumlah artis seperti Dinah Washington, Pearl Bailey, Clark Terry, Dizzy Gillespie, Sarah Vaughan, Billie Holiday, Wynton Kelly dan Stan Getz. Ia juga merilis sejumlah album miliknya sendiri.

Jimmy Cobb tampil dalam sejumlah pertunjukkan hingga akhir tahun 80-an. Pada tahun 2017 ia tampil di Albuquerque, New Mexico sebagai bagian dari New Mexico Jazz Festival. Penggemar jazz dari seluruh wilayah Amerika Barat Daya datang untuk memberi penghormatan yang bagi banyak orang dianggap sebagai ungkapan perpisahan.

Cobb merilis album terakhirnya, "This I Dig of You" bersama Smoke Sessions Records pada Agustus 2019. [mg/pp]

XS
SM
MD
LG