Tautan-tautan Akses

Legenda Balap Inggris Stirling Moss Wafat pada Usia 90


Pembalap Sir Sterling Moss (kiri) dan istrinya Lady Suzie Moss (kanan) dalam pameran motor produksi Inggris yang digelar di luar Istana Buckingham, London, 22 April 2006. (Foto: AFP)

Legenda balap Inggris Stirling Moss, yang dianggap sebagai pebalap Formula Satu terbaik sepanjang masa yang tidak pernah memenangkan kejuaraan dunia, telah meninggal dunia di London pada usia 90.

Istrinya mengatakan Moss menderita sakit sejak lama.

Moss dikenal oleh teman-teman, penggemar, dan sesama pembalap sebagai “Mr. Motor Racing”. Dia pernah memenangkan lebih dari 212 dari lebih dari 500 balapan yang dia ikuti, termasuk 16 kemenangan dalam kompetisi Formula Satu. Namun dia belum pernah memenangkan kejuaraan dunia Formula Satu sekalipun -- selalu finish pada posisi kedua atau ketiga.

Kedua orangtua Moss adalah pembalap. Moss mengikuti jejak mereka setelah Perang Dunia II.

Moss pernah mengalami patah di kedua kakinya dan cedera tulang belakang dalam kecelakaan pada 1960. Dia juga pernah lolos dari maut dua tahun kemudian ketika mengemudi tanpa sabuk pengaman dan menabrak sebuah bukit dalam pertandingan Formula Satu di Goodwood, Inggris.

Moss mengalami lumpuh sebagian selama enam bulan dan kehilangan daya penglihatan dan refleks.

Kecelakaan pada 1962 itu memicunya pensiun dari kompetisi. "Saya tahu apabila saya tidak keluar, saya akan membunuh diri saya sendiri dan mungkin orang lain," kata Moss.

Dia kemudian menjadi seorang pebisnis sukses dalam bidang real estat dan bekerja sebagai konsultan untuk perusahaan mobil.

Ratu Elizabeth memberi gelar kehormatan kepada Moss pada 2000. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG