Tautan-tautan Akses

Jika Terpilih Lagi, Presiden Aljazair Tak akan Jabat Penuh


Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika

Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika hari Minggu (3/3) mengatakan, kalau terpilih lagi dalam bulan April, ia tidak akan menjalani masa jabatan lima tahun penuh, sementara demonstrasi anti-pemerintah terus berlangsung di Aljazair.

Bouteflika, yang telah menjadi Presiden sejak tahun 1999 terbang ke Swiss hari Minggu untuk mengadakan pemeriksaan kesehatan rutin, kata juru bicara kepresidenan. Peraturan di Aljazair tidak mengharuskan presiden itu datang secara pribadi untuk mendaftarkan pencalonannya.

Manajer kampanye Bouteflika, Abdelghani Zaalane mengatakan lewat televisi, presiden akan mengadakan pemilihan baru dalam waktu satu tahun kalau terpilih lagi.

Demonstrasi jalanan dimulai 10 hari lalu ketika Bouteflika mengumumkan rencananya itu. Demonstrasi itu sebagian besar berlangsung damai tapi hari Jumat ada laporan terjadinya kekerasan dimana sedikitnya satu orang tewas.

Presiden yang berusia 82-tahun itu jarang tampak di muka umum sejak menderita serangan otak tahun 2013 dan ia harus menggunakan kursi roda. Pemilihan Presiden itu akan dilangsungkan tanggal 18 April. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG