Tautan-tautan Akses

Presiden Aljazair Tunjuk Direktur Kampanye Baru Setelah Protes Besar


Para pengunjuk rasa berpawai menentang rencana Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika untuk mengincar masa jabatan kelima pada pilpres April agar bisa meneruskan kekuasaannya yang sudah berlangsung 20 tahun, di Aljir, Aljazair, 1 Maret 2019.

Sehari setelah ribuan warga Aljazair di seluruh negeri melakukan protes di jalan-jalan menentang upaya Presiden Abdelaziz Bouteflika untuk masa jabatan kelima, presiden itu menunjuk seorang direktur kampanye baru.

Presiden Abdelaziz Bouteflika memilih Menteri Transportasi Abdelghani Zaalane untuk menggantikan mantan perdana menteri Abdelmalek Sellal sebagai ketua kampanyenya untuk pemilihan presiden mendatang, demikian menurut sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh lembaga pers negara APS, Sabtu (2/3).

Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika bersiap mengikuti pemilu di Aljir, 4 Mei 2017.
Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika bersiap mengikuti pemilu di Aljir, 4 Mei 2017.

Aljazair akan mengadakan pemilihan presiden pada 18 April.

Presiden berusia 82 tahun itu menderita stroke pada 2013 dan jarang muncul dihadapan umum sejak sejak itu.

Di Ibu Kota Aljir, Jumat (1/3), demonstran muda dan tua meneriakkan "Tidak Ada jabatan kelima " dan "Demi Aljazair yang bebas dan demokratis."

Protes Aljazair sebagian besar damai, tetapi ada beberapa bentrokan antara polisi dan demonstran, dimana polisi menembakkan gas air mata.[my]

XS
SM
MD
LG