Tautan-tautan Akses

Jerman Tangkap 4 Tersangka Pencurian Koin Emas di Museum Berlin


Polisi mengamankan salah seorang tersangka pencurian koin emas senilai 4 juta dolar di Berlin, Jerman hari Rabu (12/7).

Polisi di Jerman menangkap empat tersangka sehubungan pencurian koin emas senilai 4 juta dolar dari Museum Bode Berlin awal tahun ini.

Sekitar 300 komando polisi khusus ikut dalam penggerebekan Rabu pagi di daerah Neukoelln Berlin, tetapi belum menemukan koin yang hilang.

"Kami saat ini melakukan pencarian dan melaksanakan surat perintah penangkapan di beberapa tempat di Berlin terkait pencurian di museum Bode Maret lalu," ujar polisi Berlin.

Koin itu "dipotong kecil-kecil atau dibawa ke luar negeri," ujar Carsten Pfohl dari unit kriminal polisi Berlin dalam jumpa pers.

Pencurian itu terjadi pada 27 Maret malam. Pencuri menggunakan tangga dan tali untuk masuk ke museum bergengsi itu melalui jendela, dan gerobak dorong untuk membawa pergi koin seberat 100 kilogram itu.

Gambar Ratu Elizabeth II tertera pada permukaan koin itu, dibuat oleh Royal Canadian Mint tahun 2007, dan dikenal sebagai "Big Maple Leaf."

Polisi mengatakan keempat tersangka yang tak disebut namanya itu memiliki hubungan dekat dengan kelompok kejahatan berbasis di Berlin yang terkait klan keluarga Arab. [ka/ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG