Tautan-tautan Akses

Jerman Sumbang Peru Peralatan Medis untuk Atasi Wabah Virus Corona


Peralatan medis untuk mengatasi wabah virus corona sebagai ilustrasi, 7 April 2020. (Foto: REUTERS/Edgard Garrido)
Peralatan medis untuk mengatasi wabah virus corona sebagai ilustrasi, 7 April 2020. (Foto: REUTERS/Edgard Garrido)

Jerman telah mendonasikan peralatan medis bernilai lebih dari $ 1 juta untuk Peru guna membantu warga di beberapa wilayah terpencil di Amazon mengatasi pandemi virus corona.

Bantuan kemanusiaan yang diberikan pada hari Kamis (8/10) itu adalah konsentrator oksigen, termometer digital, oximeter dan lebih dari 32 ribu perangkat tes virus corona bagi para profesional kesehatan. Bantuan itu ditujukan bagi sekitar 90 ribu orang dari masyarakat yang kurang terlayani di wilayah adat dan perdesaan di Amazon, Peru.

Pilar Mazzetti dari Kementerian Kesehatan Peru berterima kasih kepada Jerman atas sumbangan itu.

Ia mengatakan bantuan itu membuka kesempatan untuk memberi perawatan yang lebih baik lagi kepada masyarakat pribumi, yang selalu tertinggal, dan sulit mendapatkan perawatan karena kendala jarak.

Donasi tersebut, bagian dari perjanjian antara kedua negara yang ditandatangani Agustus lalu, bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan dasar kepada mayoritas masyarakat pribumi, yang tidak memiliki puskesmas.

Sebagian besar masyarakat pribumi Peru dilaporkan hidup dalam kondisi yang buruk, dan semakin buruk karena pandemi.

Sejauh ini, Peru telah mengukuhkan lebih dari 838 ribu kasus virus corona dan sedikit di atas 33 ribu kematian akibat virus tersebut. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG