Tautan-tautan Akses

Jerman Puji Langkah Biden Hentikan Pengurangan Tentara


Menlu AS Mike Pompeo saat meninjau tentara AS yang berbasis di Grafenwoehr, Jerman, 7 November 2019. (Foto: dok).

Pemerintah Jerman, Jumat (5/2) menyambut baik keputusan Presiden Joe Biden untuk secara resmi menghentikan rencana penarikan pasukan AS dari Jerman, dengan alasan bahwa penempatan tentara di sana adalah “untuk kepentingan bersama.”

Tahun lalu, presiden ketika itu, Donald Trump, mengumumkan ia akan menarik sekitar 9.500 tentara dari sekitar 34.500 tentara yang ditempatkan di Jerman, tetapi penarikan itu belum dimulai sama sekali.

Biden, Kamis (4/2) mengatakan bahwa penarikan itu akan dihentikan hingga Menteri Pertahanan Lloyd Austin meninjau keberadaan pasukan Amerika di seluruh dunia.

Juru Bicara Pemerintah Jerman, Steffen Seibert di Berlin, 29 April 2020. (AP Photo/Michael Sohn)
Juru Bicara Pemerintah Jerman, Steffen Seibert di Berlin, 29 April 2020. (AP Photo/Michael Sohn)

“Pemerintah Jerman menyambut baik pengumuman ini,” kata Juru Bicara Kanselir Jerman Angela Merkel, Steffen Seibert, kepada wartawan di Berlin. Ia mengatakan bahwa “kami akan tetap berhubungan dengan pemerintah baru Amerika mengenai rencana selanjutnya.”

“Kami selalu yakin bahwa penempatan pasukan Amerika di Jerman ini demi keamanan Eropa dan Trans-Atlantik, dan karenanya itu merupakan kepentingan bersama kami,” kata Seibert. “Kami sangat menghargai kerja sama erat puluhan tahun ini dengan pasukan Amerika yang ditempatkan di Jerman.”

Ketika ditanya apakah Jerman akan mengajukan tawaran konkret untuk membujuk AS agar tidak menarik pasukan, Seibert mengatakan bahwa Berlin akan mengikuti perkembangan tetapi “bagaimana peninjauan itu berlangsung merupakan masalah internal Amerika.”

Pangkalan udara militer AS di Ramstein dekat Landstuhl, Jerman, 20 Juli 2020. (REUTERS / Kai Pfaffenbach)
Pangkalan udara militer AS di Ramstein dekat Landstuhl, Jerman, 20 Juli 2020. (REUTERS / Kai Pfaffenbach)

AS memiliki beberapa fasilitas militer besar di Jerman, antara lain Pangkalan Udara Ramstein, markas besar bagi Komando Eropa dan Komando Afrika AS, dan Pusat Medis Regional Landstuhl, rumah sakit militer terbesar Amerika di luar AS.

Perintah Trump mendapat tentangan dari Kongres AS maupun militer, yang telah lama mengandalkan Jerman sebagai sekutu penting dan pangkalan operasi.

Trump mengumumkan pengurangan tentara itu setelah berulang kali menuduh Jerman tidak mengeluarkan dana cukup banyak untuk pertahanannya sendiri, seraya menyebut sekutu lamanya di NATO itu “menunggak” karena tidak mengeluarkan dua persen dari Produk Domestik Brutonya untuk pertahanan, suatu acuan yang telah dijanjikan akan diupayakan oleh para anggota aliansi itu. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG