Tautan-tautan Akses

Jerman, Israel Resmikan Tugu Peringatan Tragedi Olimpiade 1972


Pengunjung melihat informasi yang ditampilkan pada tempat peringatan yang baru diresmikan untuk mengenang sebelas atlet Israel, yang terbunuh dalam serangan teroris saat berlangsungnya Olimpiade 1972 di Munich, Jerman, Rabu 6 September 2017. (Sven Hoppe/dpa via AP).

Presiden Jerman dan presiden Israel, Rabu (6/9), meresmikan sebuah tugu peringatan untuk mengenang 11 atlet Israel dan seorang polisi Jerman yang tewas 45 tahun lalu akibat serangan sebuah kelompok militan Palestina pada Olimpiade Munich.

Frank-Walter Steinmeier dan Presiden Reuven Rivlin meresmikan tugu di Taman Olimpiade Munich itu dengan dihadiri saudara dan kerabat para korban.

Pada 5 September 1972, delapan anggota kelompok Palestina "Black September" menaiki pagar tak berpenjaga perkampungan olimpiade. Mereka memasuki gedung di mana tim Israel tinggal dan kemudian menyandera mereka.

Lima atlit dan enam pelatih Israel, serta seorang polisi Jerman, tewas dalam usaha penyelamatan yang gagal itu. Kelompok Palestina tersebut menuntut pembebasan sejumlah orang yang ditahan Israel dan dua esktemis sayap kiri Jerman yang dipenjarakan di Jerman. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG