Tautan-tautan Akses

Los Angeles Tuan Rumah Olimpiade Musim Panas 2028


Walikota of Los Angeles Eric Garcetti menghadiri acara pemaparan Olimpiade 2024 untuk Paris dan Los Angeles sebagai calon tuan rumah menjelang pemilihan akhir di Lausanne, Swiss, 11Juli 2017. (Foto:dok)

Los Angeles sedang bersiap-siap untuk menjadi kota Olimpiade lagi, kali ini pada tahun 2028. Paris akan menggelar pertandingan internasional itu pada tahun 2024.

Kedua kota itu telah dianugerahi hak untuk menjadi tuan rumah untuk pertandingan Olimpiade Musim Panas oleh Komite Olimpiade Internasional dan setelah berminggu-minggu mengadakan perundingan, diputuskan bahwa Paris akan menjadi tuan rumah lebih dulu.

Presiden Amerika Donald Trump mengucapkan selamat kepada kota tersebut, dengan mengatakan bahwa "Amerika selalu bersinar terang selama pertandingan dan Los Angeles tahun 2028 tidak akan berbeda."

Walikota Los Angeles Eric Garcetti mengatakan kota tersebut mengambil "langkah besar untuk membawa Olimpiade kembali ke kota kita untuk pertama kalinya dalam satu generasi. ''

Berdasarkan kesepakatan tersebut, IOC akan memberikan dana pendahuluan kepada panitia penyelenggara Olimpiade Los Angeles untuk menyiapkan perencanaan yang panjang dan untuk meningkatkan program olahraga pemuda menjelang Olimpiade. Sumbangan IOC bisa melebihi dua miliar dolar, menurut para pejabat Los Angeles. Jumlah itu memperhitungkan perkiraan nilai sumbangan sponsor yang ada yang akan diperbaharui, serta kemungkinan berbagai pemasaran baru.

IOC diperkirakan akan meratifikasi pengaturan kedua Olimpiade tersebut dalam bulan September.

Tokyo akan menjadi tuan rumah olimpiade musim panas tahun 2020, dan Bejing akan menjadi tuan rumah pertandingan Musim Dingin dua tahun kemudian. (sp/ii)

XS
SM
MD
LG