Tautan-tautan Akses

Jerman Berusaha Jinakkan Bom Perang Dunia Kedua


Polisi memblokir jalan di Augsburg, Jerman, Minggu, 25 Desember 2016. Ribuan orang di kota itu meninggalkan kediaman mereka sementara polisi berusaha menjinakkan bom Perang Dunia II. Bom tersebut ditemukan minggu lalu.

Ribuan orang di kota Jerman Augsburg meninggalkan rumah mereka yang penuh dengan kado-kado dan hiasan Natal setelah dipaksa mengungsi sementara pihak berwenang menjinakkan sebuah bom Perang Dunia Kedua.

Bom tersebut terungkap pekan lalu ketika pekerjaan konstruksi berlangsung di daerah bersejarah kota itu. Polisi mengatakan Hari Natal adalah waktu yang terbaik untuk menjinakkan bom karena lalu lintas yang sedikit dan lebih mungkin bagi orang tinggal bersama sanak saudara.

Mobil kombi polisi dengan pengeras suara mendesak orang-orang yang masih menunda-nunda agar berangkat sebelum batas waktu pukul 10:00 pagi.

Kira-kira 32 ribu rumah dengan 54 ribu orang penduduk berada di zona evakuasi. Kebaktian pagi hari Natal di katedral zaman pertengahan dengan paduan suara anak laki-lakinya yang terkenal dipindahkan ke gereja lain.

Polisi tidak bisa menjanjikan berapa lama pengungsian itu akan berlangsung. Sekolah-sekolah dan sarana olah-raga telah dibuka sebagai tempat penampungan pengungsi. [gp]

XS
SM
MD
LG