Tautan-tautan Akses

Jepang Akan Beli Setidaknya 20 Jet Tempur F-35A


Pesawat tempur F-35A milik Angkatan Udara AS sedang mengisi bahan bakar di atas Samudera Pasifik, 11 Januari 2018.

Jepang berencana membeli setidaknya tambahan 20 jet tempur siluman F-35A dalam enam tahun. Sebagian atau seluruhnya mungkin akan dibeli langsung dari pabrik Lockheed Martin di Amerika Serikat, ketimbang merakit pesawat itu di dalam negeri, Reuters melaporkan, mengutip tiga narasumber.

“Melihat anggaran dan jadwal produksi, pembelian baru sekitar 25 pesawat sudah cukup,” kata salah satu dari narasumber mengenai rencana pembelian itu. Para narasumber meminta untuk tidak diungkap identitasnya karena mereka tidak berwenang berbicara kepada media.

Kata para narasumber, Jepang bisa berhemat sekitar $30 juta per rangka pesawat dengan membeli pesawat lengkap dari Amerika Serikat, yang dijual seharga $100 juta per pesawat.

Baca: Indonesia Tandatangani Kontrak Pembelian 11 Pesawat Tempur Rusia

Pembelian ini adalah tambahan untuk pesanan 42 pesawat tempur, yang sebagian besar dirakit di pabrik “perakitan dan pemeriksaan akhir” di Jepang, yang dioperasikan oleh Mitsubishi Heavy Industries (7011.T), kontraktor peralatan pertahanan nomor satu di Jepang.

Pabrik itu adalah satu dari dua pabrik serupa di luar Amerika Serikat. Pabrik lainnya berlokasi di Italia, dioperasikan oleh Leonardo Spa.

Perencana militer Jepang juga mempertimbangkan pembelian F35Bs, yang bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal.

“Kami belum membuat rencana dan kami sedang mengevaluasi pesawat tempur apa yang kita butuhkan,” Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera mengatakan dalam konferensi pers Selasa (20/2), ketika ditanya apakah Jepang berencana membeli F35Bs

Kementerian Pertahanan Jepang akan merilis dua ulasan pertahanan pada akhir tahun, yang akan memaparkan tujuan keamanan Jepang dan rencana pembelian militer selama lima tahun mulai dari 2019. [fw/au]

XS
SM
MD
LG