Tautan-tautan Akses

Indonesia Tandatangani Kontrak Pembelian 11 Pesawat Tempur Rusia


Pesawat jet tempur Sukhoi Su-35 terbang di atas bandara Le Bourget, dekat Paris, dua hari menjelang penyelenggaraan acara "Paris Air Show", 15 Juni 2013. (Foto: dok).

Indonesia telah menandatangani kontrak satu milyar dolar untuk membeli 11 pesawat tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia, kata seorang pejabat hari Sabtu (17/2).

Kontrak yang ditanda-tangani wakil kedua negara di Jakarta, Rabu (14/2), bernilai $1,14 milyar, kata juru bicara kementerian pertahanan Indonesia Totok Sugiharto.

“Dua pesawat Sukhoi akan diserahkan bulan Agustus tahun 2018,” katanya kepada AFP.

Enam pesawat lagi akan diserahkan 18 bulan setelah kontrak mulai berlaku, dan tiga pesawat terakhir lima bulan setelah itu, katanya.

Kontrak itu dicapai setelah Indonesia mengatakan bulan Agustus bahwa Indonesia akan berusaha mempertukarkan minyak sawit, kopi dan teh dengan pesawat tempur Rusia, dengan mengatakan pihaknya ingin memanfaatkan sanksi internasional terhadap Moskow.

Baca juga: Indonesia akan Beli 10 Jet Tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia

Uni Eropa dan Amerika telah mengenakan sanksi terhadap Rusia atas tuduhan mencampuri pemilihan presiden Amerika dan pencaplokan Krimea oleh Rusia.

Namun, menteri perdagangan Indonesia mengatakan sanksi itu dapat menguntungkan bagi negaranya karena Rusia terpaksa mencari pasar baru sebagai sumber impor.

Indonesia dan Rusia telah menandatangani memorandum kesepakatan untuk mempertukarkan 11 pesawat tempur Sukhoi buatan Rusia dengan hasil bumi utama Indonesia di Moskow awal Augustus.

Bentuk pembayaran pesawat itu tidak diumumkan hari Sabtu. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG