Tautan-tautan Akses

Jepang akan Bangun Kapal Induk Modern


Kapal pengangkut helikopter Jepang, Izumo, yang panjangnya 250 meter dan bisa membawa 14 helikopter, berlabuh di Pulau Kyushu (foto: dok).
Kapal pengangkut helikopter Jepang, Izumo, yang panjangnya 250 meter dan bisa membawa 14 helikopter, berlabuh di Pulau Kyushu (foto: dok).

Jepang sedang berusaha membuat kapal induknya yang pertama yang bisa digunakan untuk meluncurkan pesawat tempur siluman buatan Amerika, bagian dari rencana pertahanan 10 tahunnya yang baru.

Rancangan pertahanan yang diungkapkan oleh pemerintah hari Selasa, akan merombak kapal induk pengangkut helikopter yang ada sekarang supaya bisa digunakan oleh pesawat tempur siluman F-35 buatan Amerika yang bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Kantor berita Associated Press melaporkan, kapal induk baru itu tadinya adalah kapal pengangkut helikopter Izumo, yang panjangnya 250 meter dan bisa membawa 14 helikopter. Perdana Menteri Shinzo Abe bermaksud mengubah kapal induk itu karena apa yang disebutnya sebagai perkembangan cepat dalam bidang keamanan yang memerlukan kekuatan pencegah yang lebih kuat guna menghadapi ancaman dari Korea Utara dan China.

Rancangan pertahanan baru itu mengatakan, Jepang membutuhkan kapal-kapal induk baru yang bisa digunakan oleh pesawat tempur f-35b yang bisa lepas landas dan mendarat secara tegak lurus.

Kapal induk seperti itu akan memperkuat pertahanan udara Jepang di Pasifik. Untuk itu Jepang bermaksud membeli 99 jet tempur siluman F-35 untuk menggantikan armada tempurnya yang terdiri dari pesawat F-15. [ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG