Tautan-tautan Akses

Jenderal Tertinggi Amerika Berada di Semenanjung Korea


Kepala Staf Gabungan AS, Jendral Joseph Dunford berbicara dengan Menhan Korsel Song Young-moo dalam sebuah pertemuan di Kemenhan di Seoul, Korea Selatan, 14 Agustus 2017 (foto: REUTERS/Kim Hong-Ji)

Jenderal tertinggi Amerika berada di Semenanjung Korea sementara latihan militer tahunan Amerika dan Korea Selatan berisiko meningkatkan ketegangan dengan Korea Utara.

Ketua Gabungan Kepala Staff Angkatan Bersenjata Amerika, Joe Dunford, mengatakan kunjungannya ke kawasan itu pekan ini bertujuan untuk menenangkan negara-negara sekutu Korea Selatan dan Jepang, sementara membina hubungan militer-ke-militer dengan China untuk mencegah salah perhitungan.

Ia bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In dan Menteri Pertahanan Korea Selatan Song Young-moo hari Senin di Seoul, dan berangkat ke China hari Senin dan Jepang kemudian pekan ini.

Menteri Pertahanan Jim Mattis dan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson menyatakan lagi dalam artikel opini harian Wall Street Journal Minggu malam bahwa sasaran Amerika adalah pelucutan nuklir dengan damai di Semenanjung Korea, dan terserah kepada Korea Utara untuk menunjukkan kesediaannya berunding dengan jujur dan sungguh-sungguh.

“Korea Utara sekarang menghadapi pilihan. Tempuh jalan baru menuju perdamaian, kemakmuran dan diterima internasional, atau terus menempuh jalan buntu permusuhan, kemiskinan dan pengucilan,” kata Mattis dan Tillerson. Mereka juga menekankan perlunya bagi China untuk menggunakan pengaruh diplomatik dan ekonominya yang menentukan terhadap Korea Utara.” [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG