Tautan-tautan Akses

AS

Jenderal AS: Kemajuan Diplomatik di Korea Timbulkan “Kesulitan” bagi Militer AS


Jenderal Joseph Dunford, Ketua Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS

Jenderal tertinggi Amerika mengatakan, kemajuan diplomatik dalam mengusahakan perdamaian di Semenanjung Korea akan menimbulkan “kesulitan” bagi militer dalam beberapa bulan ke depan.

“Makin kita sukses dalam bidang diplomatik, kedudukan militer akan semakin sulit,” kata Jenderal Joseph Dunford, Ketua Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata kepada wartawan di Washington hari Jumat (26/10).

Komentar jenderal itu muncul satu minggu setelah para pejabat militer Amerika dan Korea Selatan membatalkan satu lagi latihan militer bersama yang besar.

Juru bicara Pentagon Dana White mengatakan minggu lalu, kedua angkatan bersenjata Amerika dan Korea Selatan memutuskan untuk tidak melakukan latihan bersama yang diberi nama Vigilant Ace, guna memudahkan berlangsungnya proses diplomatik dengan Korea Utara.

Sebelum ini Amerika juga telah membatalkan latihan bersama yang disebut Ulchi-Freedom Guardian yang tadinya akan dilakukan bulan Agustus lalu.

Kata Jenderal Dunford “kita harus mencari cara-cara lain untuk mengadakan latihan, karena dihapuskannya berbagai latihan militer besar di Semenanjung Korea.” [ii]

Lihat komentar (4)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG