Tautan-tautan Akses

Jelang Pertemuan Liga Arab, Arab Saudi dan Sekutunya Bahas Iran


Menteri Luar Negeri Arab Saudi Arabia Adel al-Jubeir, tengah, dan Perdana Menteri Mesir Sameh Shoukry, kiri, bertemu di markas besar Liga Arab di Kairo, Mesir, 19 November 2017.

Dalam pertemuan di Kairo hari Minggu (19/11) Arab Saudi meminta para menteri luar negeri Arab untuk mengecam apa yang dinilai Arab Saudi dan sekutu-sekutunya sebagai campur tangan Iran dalam urusan Arab dan dugaan dukungan bagi milisi di kawasan itu, demikian menurut sejumlah diplomat Arab.

Para diplomat itu mengatakan Arab Saudi telah merancang resolusi yang mengusulkan deklarasi solidaritas pada negara kerajaan itu dan menyatakan dukungan Arab pada tindakan yang mungkin diambil untuk melindungi keamanan nasional dalam menghadapi campur tangan Iran.

Para diplomat itu berbicara dengan syarat tidak menyebut nama karena tidak diberi wewenang untuk membahas rincian rancangan itu dengan media.

Para menteri luar negeri Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain, yang sejak Juni lalu telah memboikot Qatar, sebagian karena hubungan hangatnya dengan non-Arab dan Iran yang beraliran Syiah, melangsungkan rapat menjelang pertemuan Liga Arab di Kairo Minggu malam. Belum ada rincian apa yang akan dihasilkan dalam pertemuan nanti.

Rancangan yang dibuat Arab Saudi itu mencakup peringatan terhadap Iran untuk tidak melanjutkan kebijakannya saat ini di kawasan dan memerintahkan diplomat-diplomat Arab untuk mengajukan pertemuan dengan Dewan Keamanan PBB untuk membahas apa yang disebutnya sebagai “ancaman” Iran, tambah diplomat itu. [em/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG