Tautan-tautan Akses

Menlu 4 Negara Arab Bahas Cara Hadapi Pengaruh Iran


Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir, kiri dan Menteri Luar Negeri Bahrain, Sheik Khalid Bin Ahmed Al Khalifa, kanan, bertemu dengan menteri luar negeri negara Arab di Kairo, Mesir, Minggu, 19 November 2017. Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain bertemu di Kairo untuk membahas deklarasi Saudi tentang cara menghadap pengaruh Iran. Keempat negara Arab tersebut telah memboikot Qatar sejak bulan Juni sebagian karena hubungan baiknya dengan Iran.

Para menteri luar negeri 4 negara Arab mengadakan pertemuan di Kairo untuk membicarakan rancangan deklarasi Saudi mengenai perlawanan terhadap pengaruh Iran dalam masalah Arab.

Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain telah memboikot negara teluk Arab, Qatar, sejak Juni sebagian karena hubungannya yang hangat dengan Iran.

Pembicaraan hari Minggu (19/11) diadakan menjelang pertemuan para menteri luar negeri Liga Arab di Kairo yang dijadwalkan kemudian pada hari itu.

Arab Saudi telah meningkatkan kecamannya terhadap Iran setelah pemberontak Yaman yang bersekutu dengan Iran menembakkan misil balistik yang berhasil dicegat dekat Riyadh sebelumnya bulan ini. Iran membantah mempersenjatai pemberontak, yang mengatakan mereka sendiri yang membuat misil itu.Rancangan deklarasi itu merujuk pada serangan misil itu serta pemboman baru-baru ini pipa saluran minyak di Bahrain. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG