Tautan-tautan Akses

Jane Seymore, Cinta pada Melukis dan Kegiatan Amal


Aktris Jane Seymour, kanan, berpose dengan putrinya Katie Flynn saat mereka tiba untuk Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-58 di Beverly Hills, California, Minggu, 21 Januari 2001. (Foto: AP/Kim Johnson)
Aktris Jane Seymour, kanan, berpose dengan putrinya Katie Flynn saat mereka tiba untuk Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-58 di Beverly Hills, California, Minggu, 21 Januari 2001. (Foto: AP/Kim Johnson)

Jane Seymour bukanlah aktris sembarangan. Baru-baru ini ia muncul dalam serial komedi "B Positive," flm drama tentang Alzheimer "Ruby's Choice," dan acara detektif baru "Harry Wild." Ia juga mempunyai sanggar seni sendiri, membuat karya seni dan membuat patung, bahkan menjual selendang dan piyama.

Semuanya kembali ke kecintaannya pada lukisan, sesuatu yang ia geluti, selama karir aktingnya, setelah putus cinta.

"Saya selalu menggambar dan melukis sejak masih kecil, tetapi ketika pada usia 40 tahun saya mengalami perceraian yang menyedihkan, dan saya benar-benar kehilangan segalanya. Seorang seniman menawarkan kepada saya pelajaran gratis cara melukis dengan cat air. Itu belum pernah saya lakukan," katanya.

"Jadi saya benar-benar bersemangat tentang apa yang bisa dilakukan cat air, dan itu membuat saya merasa sangat lega. Pada saat yang sama, sangat baik, Anda tahu, sepertinya saya bisa melukis dengan sendirinya. Saya sangat menyukainya dan sangat kreatif," tegasnya.

Belakangan ini dia berkreasi dengan lebih banyak media.

Aktris Jane Seymour tiba di penghargaan BAFTA (Akademi Film dan Seni Televisi Inggris) di Odeon Leicester Square di pusat kota London. (Foto: Reuters)
Aktris Jane Seymour tiba di penghargaan BAFTA (Akademi Film dan Seni Televisi Inggris) di Odeon Leicester Square di pusat kota London. (Foto: Reuters)

"Saya melukis foto realis dengan cat air, cat minyak, akrilik, pastel, pena dan tinta. Juga membuat patung perunggu. Dalam sebulan atau beberapa bulan ini, patung perunggu besar karya saya akan dipasang di tempat umum di Pittsburgh. Saya mempunyai kira-kira lima patung besar di berbagai kota seperti New Orleans, Bradenton, Florida; Akron, Ohio, Calgary. Saya bahkan tidak ingat di mana lagi. Jadi, seni adalah bagian yang sangat, sangat besar dalam hidup saya," papar Seymour.

Salah satu yang menyadarkan Seymour tentang kekuatan kreativitasnya muncul, setelah karya seninya mampu menggalang dana untuk membantu orang.

"Salah satu lukisan pertama yang pernah saya buat tertera di kartu kredit Discover. Mereka mengadakan acara besar di Guggenheim dan menggantungkan tiga lukisan saya di sana. Ringo Starr dari the Beatle dan Flo-Jo, seorang atlet, berada di sana dan saya berkata, 'Ya, ini sangat menarik.' Dan kemudian mereka membeli, dalam lelang. Mereka membeli cat air saya seharga $25.000, dan uang itu untuk Yayasan Make-A-Wish dan bisa membantu lima keluarga memenuhi keinginan mereka. Jadi ketika saya pulang, saya memutuskan, 'Baiklah, saya akan berkarya dan akan lebih serius sekarang'" jelasnya.

Dia ikut mendirikan Open Hearts Foundation, yayasan nirlaba yang mengumpulkan uang untuk disumbangkan ke badan amal bagi perempuan dan anak-anak.

Lukisan jantung hati yang terbuka juga merupakan motif yang berulang dalam karyanya dan diterapkan pada berbagai piyama dan selendang (syal).

Sambil memegang salah satu syalnya, Seymour mengatakan,"Itu adalah kedamaian, cinta, dan hati yang terbuka. Saya merasa, dengan apa yang terjadi di Ukraina sekarang, inilah yang kita butuhkan... Ini semua tentang, Kita tidak dapat memiliki kedamaian di dunia sampai kita membuka hati untuk kepercayaan dan budaya orang lain."

Seymour sekarang membintangi "Harry Wild" di Acorn TV. Dia berperan sebagai pensiunan profesor yang memecahkan masalah kejahatan di Dublin. [ps/ka]

XS
SM
MD
LG