Tautan-tautan Akses

Jane Fonda Raih Penghargaan Cecil B. DeMille


Aktris Jane Fonda saat ditahan karena berdemo di depan Capitol Hill in Washington, 18 Oktober 2019.

Aktris dan aktivis Amerika Serikat (AS) Jane Fonda menerima penghargaan prestasi sepanjang masa Cecil B. DeMille dalam malam penghargaan Golden Globes, Minggu (28/2).

Ketika menerima penghargaan secara virtual, Fonda meminta agar keragaman ditingkatkan. Dia mengatakan penuturan kisah atau storytelling itu penting agar masyarakat saling memahami. Komentarnya disampaikan di tengah kontroversi karena tidak adanya anggota berkulit hitam dalam Asosiasi Pers Asing Hollywood, organisasi yang menyelenggarakan Golden Globe.

"Ada kisah yang takut kita lihat atau dengar mengenai diri kita dalam industri kita, kisah mengenai suara mana yang kita hormati dan angkat, dan suara mana yang kita abaikan," kata Fonda.

"Lagi pula, seni tak hanya seirama dengan sejarah, tapi juga memimpin perubahan," katanya. "Jadi, ayo jadi pemimpin."

Fonda memulai debut profesionalnya pada 1960 di panggung Broadway dan layar kaca, dan kemudian menjadi salah satu bintang film terbesar pada 1960an dan 1970an dengan film-film seperti "Barbarella," "Klute," "On Golden Pond" dan "9 to 5."

Fonda juga dikenal sebagai aktivis politik. Dia dijuluki Hanoi Jane karena berkampanye menentang Perang Vietnam pada 1970an. Dia kemudian berkampanye menentang Perang Irak pada 2003. Dan dalam beberapa tahun belakangan, dia menyuarakan bahaya perubahan iklim. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG