Tautan-tautan Akses

24 Jam Hilang di Sungai Swiss, Anak Ridwan Kamil Masih Dicari


Emmril Kahn
Emmril Kahn

Juru bicara kepolisian setempat, Joel Regli, mengatakan wilayah pencarian diperluas pada hari Jumat (27/5/2022) untuk mencari Eril yang dilaporkan hilang sejak Kamis pagi, demikian dilaporkan Associated Press.

Eril sedang berenang bersama adik dan temannya, beberapa ratus meter ke arah hulu dari pusat kota, ketika mengalami masalah dan akhirnya terbawa arus.

Tim SAR yang terdiri atas polisi sungai, ambulans, dan pemadam kebakaran, dikerahkan untuk menyisir sepanjang sungai Aare. Arus yang sedang deras dan kondisi air keruh dilaporkan menjadi kendala.

Doa dan Harapan dari Tanah Air

Sementara di tanah air, pihak keluarga Ridwan Kamil meminta doa dari seluruh masyarakat.

“Kami atas nama Pemda Provinsi Jawa Barat sangat berharap dan mengajak masyarakat semua untuk berdoa agar kang Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat wal’afiat,” ujar Elpi Nazmuzaman, adik Ridwan Kamil, dalam keterangan persnya di Gedung Sate Kota Bandung, Jumat (27/5/2022) siang.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum juga meminta masyarakat mendoakan putra sulung gubernur.

"Saya sebagai teman baik, sahabat karib berdoa mudah-mudahan A Eril segera ketemu dalam keadaan selamat dan sehat," ujarnya saat ditemui di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Garut, Jumat (27/05/2022).

Selain di masjid-masjid di Kota Bandung, doa bersama juga digelar di Tasikmalaya, di mana Wakil Gubernur menghadiri langsung bersama ribuan warga Tasikmalaya.

Eril Sedang di Swiss Untuk Persiapan S2

Ridwan Kamil, yang sedang kunjungan dinas ke Inggris, langsung terbang ke Swiss begitu mendengar kabar tersebut dan telah tiba pada Jumat dini hari waktu setempat.

“Di Inggris kunjungan dilakukan untuk membahas energi terbarukan, penjajakan sister province, kerja sama industri kreatif, dan pertemuan dengan berbagai Universitas di Inggris (program joint campus),” ujar pernyataan Gedung Sate.

Pada saat yang sama, Eril sedang bersama anggota keluarga lainnya di Swiss dalam rangka survei universitas untuk Eril yang rencananya akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di negara tersebut.

Sementara itu, KBRI Bern telah berkoordinasi erat dengan kepolisian, saluran gawat darurat, serta rumah-sakit rumah sakit terdekat di Kota Bern. Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, telah bertemu dengan pihak keluarga.

Sungai Aare Destinasi Populer

Media swissinfo.ch melaporkan bahwa Sungai Aare, seperti banyak sungai dan danau lainnya di Swiss, adalah lokasi populer untuk berenang ketika musim panas mulai datang dan suhu menghangat.

Ribuan orang datang dari berbagai kota untuk berenang atau piknik di bantaran sungai, membuat otoritas setempat harus memperketat pengawasan atas keselamatan pengunjung.

Kejadian tenggelam sangat jarang terjadi di Swiss. Asosiasi Penyelamat Swiss mencatat pada 2020 ada 46 orang yang tenggelam di danau dan sungai. [rt/em]

Recommended

XS
SM
MD
LG