Tautan-tautan Akses

Jalin Asmara dengan Karyawan, CEO McDonald's Dipecat 


McDonald’s CEO Steve Easterbrook menyiapkan paket pesan antar dalam acara McDelivery Night In di Chicago, 19 September 2019. (Foto: AP)

McDonald’s Corp memecat Chief Executive Officer (CEO) Steve Easterbrook karena menjalin hubungan suka-sama-suka dengan seorang karyawannya, kata restoran makanan cepat saji AS dalam pernyataannya, Minggu (3/11).

Dilansir Reuters, manajemen McDonald’s mengatakan tindakan Easterbrook melanggar kebijakan perusahaan

Chris Kempczinski, presiden McDonald’s USA, ditunjuk sebagai CEO baru. Kempczinski, yang berusia 51 tahun, juga masuk dalam dewan direktur McDonald.

Dewan Direktur berpendapat Easterbrook, yang menakhodai McDonald’s sejak 2015, telah “menunjukkan penilaian yang buruk” mengenai hubungan tersebut, kata McDonald’s dalam siaran persnya. Pria berusia 52 tahun itu juga melepaskan posisinya dalam dewan direktur McDonald’s.

“Ini adalah kesalahan,” kata Easterbrook merujuk pada hubungan itu dalam email yang dikirimkan ke seluruh karyawan pada Minggu (3/11) dan dirilis oleh McDonald’s. “Mengingat nilai-nilai perusahaan, saya setuju dengan dewan bahwa ini saatnya bagi saya untuk pergi.”

Hengkangnya Easterbrook menjadi salah satu peristiwa paling penting dalam korporasi AS dalam beberapa tahun belakangan terkait hubungan-hubungan yang tidak patut.

Pengawasan public terhadap para eksekutif dan perlakuan terhadap para karyawan makin ketat di tengah kampanye media sosial, #MeToo, yang menyoroti kasus-kasus perundungan seksual di tempat kerja. Pada Juni 2018, CEO Intel Corp Brian Krzanich mundur setelah hasil investigasi mendapati dia menjalin hubungan konsensual dengan seorang karyawan. Hal itu melanggar kebijakan perusahaan.

Dalam pesannya kepada para karyawan, Kempczinski mengucapkan terima kasih kepada Easterbrook yang sudah merekrutnya untuk bekerja di McDonald’s. Dia berharap McDonald’s bisa meneruskan rencana pengembangan yang berfokus pada pengembangan karyawan. Ketua McDonald’s Enrique Hernandez Jr. menyebut Kempczinksi sebagai “bagian penting” dalam mengembangkan rencana strategis perusahaan.

McDonald’s yang berkantor pusat di Chicago, adalah salah satu merek makanan cepat saji paling dikenali. Baru-baru ini, perusahaan itu merayakan 40 tahun peluncuran paket makanan cepat saji untuk anak, Happy Meal. McDonald’s juga dikenal sebagai resto yang ramah keluarga.

McDonald’s tidak memberikan rincian selanjutnya mengenai pemecatan Easterbrook. McDonald’s diperkirakan akan memberikan informasi keuangan yang terkait dengan pemecatan Easterbrook dalam keterbukaan informasi kepada bursa pada hari ini, Senin (4/11), kata perusahaan itu.

Joe Erlinger, yang sebelumnya menjabat presiden untuk pasar-pasar internasional, ditunjuk sebagai President McDonald’s USA, menggantikan Kempczinski. [ft]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG