Tautan-tautan Akses

Jaksa Tuntut Hukuman 6 Tahun Penjara bagi Sutradara Rusia


Sutradara teater dan film terkemuka, Kirill Serebrennikov (tengah), mengambil foto para awak media yang memotretnya menjelang sidang di pengadilan Moskow, Rusia, 22 Juni 2020.

Jaksa telah meminta sebuah pengadilan di Moskow agar menjatuhkan hukuman enam tahun penjara kepada sutradara teater dan film terkemuka Kirill Serebrennikov atas tuduhan penggelapan yang disangkalnya.

Jaksa Mikhail Reznichenko mengatakan dalam persidangan yang dimulai kembali pada Senin (22/6) bahwa Serebrennikov dan sejumlah terdakwa lainnya dalam kasus itu telah terbukti melakukan penggelapan senilai lebih dari 1,86 juta dolar.

Semua terdakwa telah membantah tuduhan itu. Reznichenko meminta Pengadilan Distrik Meshchansky agar menjatuhkan hukuman penjara antara empat tahun dan lima tahun kepada tiga terdakwa lainnya.

Serebrennikov yang berusia 50 tahun dan tiga orang lainnya dituduh menggelapkan dana negara yang dihibahkan dari tahun 2011 hingga 2014 kepada Seventh Studio, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan Serebrennikov, untuk sebuah proyek yang disebut Platforma.

Serebrennikov telah ambil bagian dalam berbagai protes antipemerintah dan menyuarakan keprihatinan mengenai berkembangnya pengaruh Gereja Ortodoks Rusia.

Penangkapannya pada Agustus 2017 menarik perhatian internasional dan mendorong munculnya tuduhan bahwa pihak berwenang Rusia menarget tokoh-tokoh budaya yang berselisih dengan Presiden Vladimir Putin dan pemerintahnya.

Serebrennikov dan dua orang lainnya yang dikenai tuduhan yang sama – produser Yury Itin dan mantan pegawai Kementerian Kebudayaan Sofia Apfelbaum – dibebaskan dari tahanan rumah pada April tahun lalu, tetapi diperintahkan untuk tetap berada di Moskow.

Tersangka lainnya, Aleksei Malobrodsky, juga dilarang meninggalkan Moskow. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG